SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pojok Desa

Tim Wasev Kunjungi Lokasi TMMD ke 114 Kodim 0816/Sidoarjo

 


(SIDOARJOterkini) – Kodim 0816/Sidoarjo menerima kunjungan kerja Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Markas Besar Tentara Nasional Angkatan Darat Mayjen TNI Dedi Solihin ke lokasi TMMD ke 114 Tahun 2022 Kodim 0816/Sidoarjo yang berada di Desa Rejeni Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Tampak kunjungan Tim Wasev dari Mabesad ini disambut baik oleh Forkopimda Sidoarjo. Kamis, 11 Agustus 2022.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Kodim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Masarum Djati Laksono selaku Dansatgas TMMD ke 114 menyampaikan, Kunjungan Tim Wasev untuk melihat secara langsung proses pelaksanaan kegiatan TMMD di Desa Rejeni Krembung Sidoarjo, serta untuk memberikan evaluasi untuk perbaikan dan peningkatan dalam pelaksanaan TMMD yang sedang dilaksanakan maupun yang akan datang.

“Kita semua berharap program TMMD di Desa Rejeni ini bisa diterima dengan baik oleh warga masyarakat, dengan sumbangsih yang luar biasa dapat dimanfaatkan hasilnya untuk warga, pelihara dan gunakan dengan baik hasil TMMD ini untuk kemajuan Desa,”ungkap Dandim 0816 Sidoarjo.

BACA JUGA :  Mitra Sehat Mandiri Gelar Wisuda, Begini Pesan Wabup Sidoarjo 

Pada kunjungan kerja ini Tim Wasev Asintel Kasad untuk meninjau langsung lokasi pelaksanaan TMMD ke 114 Tahun 2022 , selain itu Tim Wasev juga berkesempatan untuk bertatap muka dan berbincang dengan masyarakat serta pemberian sembako secara simbolis yang diberikan kepada masyarakat Desa Rejeni.

Ketua Tim Wasev Asintel Kasad Mayjen TNI Dedi Solihin menyampaikan, Pengawasan dan Evaluasi TMMD ke-114 TA 2022 yang saat ini sedang berjalan bertujuan untuk mengukur kinerja organisasi satuan tugas TMMD mulai tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan pengakhiran dengan harapan agar kegiatan TMMD dapat berjalan secara optimal, efektif dan efisien meskipun dalam situasi pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh wilayah Satgas TMMD.

“Kegiatan TMMD bertujuan untuk membantu percepatan pembangunan di daerah juga untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana untuk mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat,”ucapnya.

Dijelaskannya, Program TMMD dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di lokasi sasaran TMMD melalui mekanisme bottom up planning yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral dengan melibatkan semua unsur-unsur yang terkait, dimulai dari tingkat Desa/Kelurahan sampai dengan tingkat Kab/Kota.

BACA JUGA :  Ketua PKK Sidoarjo Bekali 200 Kader PKK Kecamatan Ilmu Keprotokolan dan MC

“Sasaran-sasaran TMMD telah dipilih berdasarkan skala prioritas, diteliti dan dipadukan dengan program Pemerintah Daerah, kemudian dibahas dalam forum DPRD untuk disahkan menjadi Program TMMD. Setelah kegiatan selesai, hasil TMMD akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah untuk dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat. Melalui TMMD, TNI akan membantu Pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara, membantu percepatan pembangunan dan menjaga Kamtibmas di pedesaan dalam rangka mewujudkan Ketahanan Nasional yang mantap di segala bidang kehidupan masyarakat” ujarnya.

Ditambahkan Mayjen TNI Dedi Solihin, Prajurit TNI harus senantiasa memupuk dan kembangkan semangat gotong royong dan pelihara terus kemanunggalan TNI-Rakyat agar kegiatan TMMD dapat berjalan dengan lancar, Tingkatkan kepedulian untuk memelihara dan merawat dengan sebaik-baiknya hasil TMMD ke-114 agar dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang., Sasaran fisik yang telah selesai dibangun, harus dapat mendorong tumbuhkembangnya usaha-usaha masyarakat di bidang perekonomian guna meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat dan mendukung pemerintah dalam pemerataan pembangunan dan pengentasan kemiskinan, Sasaran non fisik yang dilaksanakan, diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kreatifitas masyarakat dalam mengangkat kualitas kehidupan ke arah yang lebih baik, maju, sejahtera dan mandiri. Selain itu harapan yang diinginkan adalah dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, patriotisme dan kesadaran bela negara.

BACA JUGA :  TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Kawal Pelaksanaan BIAS

“Pelihara hubungan yang sudah berjalan baik selama ini antara aparat TNI beserta jajarannya dengan Polri, Pemda maupun Dinas/Instansi terkait, aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat sehingga Kemanunggalan TNI-Rakyat semakin tangguh, Dalam pelaksanaan kegiatan TMMD ini, tetap perhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 tanpa mengurangi makna dan semangat gotong-royong.” Pungkasnya.(cles)