SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Manfaatkan Bulan Ramadan, Siswa SMA Al Muslim Lakukan Safari Ramadan di Tempat Bersejarah

 


SIDOARJOterkini – SMA Al Muslim Jawa Timur tidak mensia-siakan momen bulan suci Ramadhan 1445 H lewat begitu saja.
Ramadan tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan positif salah satunya adalah Safari Ramadan, Kamis 27 Maret 2024.

Kegiatan Safari Ramadhan diisi dengan mengunjungi beberapa tempat bersejarah dan memiliki tradisi yang unik selama bulan ramadan seperti berkunjung ke Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya, Museum Islam Indonesia K.H Hasyim Asy’ari Jombang, Kampung ramadan Alun-Alun Sidoarjo dan Masjid Agung Al-Anwar Pasuruan.

Dalam perjalanannya siswa SMA Al Muslim dibagi menjadi 4 kelompok dan masing kelompok berisi 4 siswa perwakilan dari kelas X dan XI. Mereka mengeksplorasi keunikan tempat yang mereka kunjungi.

Diantaranya Masjid Rahmat Kembang Kuning yang identik dengan masjid tertua di Surabaya, Museum Islam Indonesia K.H. Hasyim Asy’ari dengan barang bersejarahnya, Kampung ramadan Alun-Alun Sidoarjo dengan makanan takjil khas ramadan dan yang terakhir Masjid Agung Al-Anwar yang memiliki payung madinah sebagai salah satu icon kota Pasuruan.

BACA JUGA :  Meriahnya Milad ke-2 PSHW-TM Balongbendo, Tampilkan Atraksi Seni Silat

Tidak hanya itu, para siswa juga mendapatkan kesempatan membuat video pendek bersama tim kreatif sekolah yang nantinya video pendek tersebut akan ditayangkan di sosial media SMA Al Muslim. Sehingga informasi yang mereka dapatkan selama safari ramadan dapat dilihat dan dinikmati oleh masyarakat luas. Video pendek mereka yang tayang di sosial media SMA Al Muslim dapat juga ditonton sebagai teman untuk mengisi waktu ngabuburit sehingga mampu menambah wawasan tentang sejarah islam dan budaya islam selama ramadan.

Kepala SMA Al Muslim Dr. Mahmudah, S.Ag., M.Pd. , mengatakan tujuan diadakannya kegiatan Safari ramadan ini diharapkan siswa dapat belajar tentang sejarah dan budaya islam selama ramadan dengan terjun langsung ke tempat-tempat tersebut. Hal ini juga dapat memantik rasa ingin tahu siswa dengan sejarah dan budaya islam yang ada disekitarnya. Rasa ingin tahu tersebut dapat membuat siswa ingin belajar lebih dalam tentang sejarah islam dan akhirnya dapat mempertahankan budaya yang sudah ada.

BACA JUGA :  Babinsa Penambangan Tingkatkan Minat Baca Anak-Anak TK Melalui Program TMMD ke-120

“Melestarikan budaya Islam menjadi hal yang wajib dilakukan oleh ummat Islam agar budaya tersebut tidak punah. Selain itu rangkaian kegiatan safari ramadan yang dilakukan siswa SMA Al Muslim menjadi bagian dari syiar Islam,”ungkap Mahmudah.

Rendra salah satu siswa yang mengikuti kegiatan safari ramadan di Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya menyampaikan, dirinya amat senang bisa melihat sejarah perkembangan islam dengan terjun langsung ke lokasi.

“Yang biasanya kami hanya bisa memvisualisasikan dengan penjelasan dan gambar yang diberikan Ustaz/ah, sekarang kami bisa melihat langsung,”ujarnya.

Siswa yang mengikuti kegiatan di Masjid Agung Al-Anwar juga terlihat sangat senang karena dapat melihat keunikan dari masjid tersebut, Dimas menyampaikan, walaupun belum bisa melihat payung di Masjid Nabawi kota Madinah secara langsung, di Masjid Agung Al-Anwar dirinya bisa merasakan kemegahan yang ada di Masjid Nabawi.

BACA JUGA :  Satgas TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Laksanakan Normalisasi Sungai di Desa Penambangan

“saya cukup senang bisa melihat replika dari Payung yang ada di masjid Nabawi,”ucapnya.

Serangkaian kegiatan Safari Ramadhan ditutup dengan perjalanan ke Masjid Agung Al-Anwar Pasuruan, setelah mengamati dan belajar sejarah masjid tersebut, para siswa tidak lupa mencari takjil yang berada disekitar masjid. Terlihat para siswa senang ketika dapat berburu takjil setelah belajar banyak hal tentang sejarah islam dan budaya islam selama ramadan. Adzan magrib pun berkumandang, para siswa dapat menikmati takjil yang sudah dibeli dan bersiap-siap untuk salat magrib berjamaah. (*/cles)