SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Usai Libur Lebaran, KB-TK Al Muslim Gelar Halal Bihalal  

 

SIDOARJOterkini – Setelah menikmati liburan lebaran kurang lebih 2 pekan, semua siswa KB-TK Al Muslim masuk sekolah. Karena masih suasana lebaran maka sekolah mengadakan kegiatan halalbihalal, tema yang diangkat adalah “Tebarkan Maaf, Bahagia, dan Semangat Kembali ke Sekolah”, Kamis, 18 April 2024

Bel berbunyi semua siswa berkumpul di hall, suasana riang, gembira, dan bahagia nampak pada wajah siswa-siswi KB-TK Al Muslim memakai busana muslim warna-warni. Pembukaan halalbihalal oleh Ustazah Murtingsih selaku MC nya, selanjutnya pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Aiswa dan Aufar membacakan surat Al Insyiroh.

Kepala sekolah Siti Aminah dalam sambutannya menyampaikan “Minal Aidin Walfaizin, dalam suasana Idul Fitri 1445 H ini, atas nama para ustazah dan seluruh civitas memohon maaf lahir dan batin.

BACA JUGA :  Babinsa Penambangan Tingkatkan Minat Baca Anak-Anak TK Melalui Program TMMD ke-120

“Kami mohon maaf apabila selama ini mempunyai kesalahan dan hilaf baik sengaja maupun tidak,”ungkapnya.

Kegiatan halalbihalal yang dikemas dengan menarik dan menyenangkan ini mengandung makna dan hikmah yang sangat mendalam, yaitu penguatan profil lulusan pada aspek Religious and Social, karakter suka memberi dan meminta maaf, imbuhnya.

Memaafkan sangat dianjurkan oleh semua agama. Setiap insan pasti mempunyai salah karena sejatinya manusia adalah tempat salah dan lupa. Untuk itu saat hari raya inilah momentum yang sangat tepat untuk saling memaafkan. Demikian juga untuk anak-anak harus ditanamkan sejak kecil pentingnya saling memaafkan, mungkin dari hal-hal kecil yang pernah dilakukan terhadap teman sepermainannya, baik sengaja maupun tidak sengaja.

BACA JUGA :  Satgas TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Laksanakan Normalisasi Sungai di Desa Penambangan

Tampilan siswa TK B Gerak lagu “Selamat Lebaran” memecahkan suasana halalbihal, semua siswa terpukau menyaksikannya. Selanjutanya ustazah Nur Chasanah dan Umi Chulsum ditemani boneka bernama Alma berkisah tentang “Gadis Kecil Bersama Rasulullah”. Ketika Rasulullah berangkat ke masjid di Madinah, beliau melihat gadis kecil menangis, ditolonglah gadis kecil tersebut, lalu diajak pulang untuk dimandikan, gadis kecil tersebut merasa gembira karena diangkat menjadi anak Rasulullah, karena gadis kecil tersebut yatim piatu.

Gadis kecil bersama Rasulullah, bunda Aisyah (istri Rasulullah) dan kakak Fatimah (anak Rasulullah) ke masjid melaksanakan shalat Idul Fitri. Dari kisah ini Rasulullah SAW menganjurkan kepada kita untuk selalu menyayangi anak yatim dan menyantuninya serta suka bersedekah.

BACA JUGA :  Meriahnya Milad ke-2 PSHW-TM Balongbendo, Tampilkan Atraksi Seni Silat

Sebagai penutup acara halalbihalal adalah bersalam-salaman didahului dari kelompok TK B. TK A, KB, Satpam, dan Cleaning Servis sekolah, selanjutnya semua menikmati hidangan kue lebaran baik yang dibawa siswa maupun guru. Hal ini bertujuan melatih suka berbagi makanan kepada sesama.

Pada kesempatan tersebut dirinya juga mengucapkan selamat Idul Fitri 1445 H bagi yang merayakannya dan mohon maaf lahir batin kepada semua sahabat media.

“Jika selama menjalin komunikasi lewat tulisan ini ada salah dan hilaf mohon maaf, Salam sehat dan bahagia,”pungkasnya. (SA/cles)