SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pajak Politik & Pemerintahan

Tahun 2023 Penerimaan Capai 107,3 Persen, KPP Pratama Sidoarjo Selatan Berikan Penghargaan Kepada Wajib Pajak

 

Foto : Kepala.KPP.Pratama Sidoarjo Selatan  saat memberikan penghargaan kepada wajib pajak

SIDOARJOterkini – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sidoarjo Selatan memberikan penghargaan kepada wajib pajak baik Badan, Perorangan, BUMN, maupun OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang selama ini telah membayar kewajiban pajaknya dengan tertib. Penganugerahan penghargaan tersebut dikemas dalam acara Tax Gathering dengan tema : “Dana Vidya Pramita KPP Pratama Sidoarjo Selatan Suwun Lor Sesarengan Mbangun Negoro”.

Acara yang digelar di Fave Hotel Sidoarjo tersebut dihadiri, Kakanwil DJP Jatim 2 Agustin Vita Avantin, Kepala KPP Pratama Sidoarjo Selatan Stefanus Hajar Banu Sujita, Forkopimda Sidoarjo dan juga para wajib pajak, Kamis 7 Maret 2024.

Kepala KPP Pratama Sidoarjo Selatan Banu Sujita dalam sambutannya menyampaikan, KPP Pratama Sidoarjo Selatan merupakan unit vertikal yang ada pada kantor wilayah DJP Jatim 2, KPP Pratama Sidoarjo Selatan membawahi lima kecamatan yang ada di Sidoarjo diantaranya Kecamatan Sidoarjo, Candi, Tanggulangin, Porong dan Kecamatan jabon dengan jumlah wajib pajak sebanyak 56.209, dengan rincian Wajib Pajak Badan sebanyak 7.398 dan wajib pajak orang pribadi sebanyak 48.661.

BACA JUGA :  Gelar Halalbihalal dengan Insan Pers, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Kenalkan Produk Ramah Lingkungan

“Kami sangat berterima kasih atas partisipasi para wajib pajak baik badan orang pribadi yang ada di wilayah kerja kami atas kerja keras partisipasi dan kerjasama yang baik di bidang perpajakan,”ungkapnya.

Dijelaskan Banu, tahun 2023 KPP Pratama Sidoarjo Selatan dapat mencapai target penerimaan dengan realisasi penerimaan sebesar Rp 936.187. 485.885 atau sebesar 103,71 persen.

Foto : Kepala KPP Pratama Sidoarjo Selatan Banu Sujita

“Capaian ini tentunya bukan hanya hasil kerja kami namun juga peran para wajib pajak yang telah taat menyelesaikan kewajiban pajaknya,”ujarnya.

Diungkapkannya, KPP Pratama Sidoarjo Selatan untuk tahun 2024 mendapat amanat target penerimaan pajak sebesar, Rp 1.026.958.617.000, dan target penerimaan tersebut sangat luar biasa.

“Dan menurut historinya ini baru sekali ini KPP Pratama Sidoarjo Selatan menembus angka satu triliun,”ucapnya.

BACA JUGA :  Terkait Pembatalan Pelantikan ASN, Komisi A DPRD Sidoarjo dan Pemkab Segera Konsultasi ke Kemendagri 

Banu memaparkan, dalam rangka mengamankan penerimaan negara di tahun 2024 KPP Pratama Sidoarjo Selatan memiliki beberapa strategi action planning yaitu di bidang penyuluhan, pengawasan pemeriksaan dan penagihan.

“Kami berharap tahun 2024 ini kerjasama dan partisipasi yang sudah terjalin di tahun yang lalu dapat berjalan lagi dan lebih baik lagi dengan adanya sinergi ini diharapkan dapat membantu kontribusi kepada negara terutama untuk pencapaian target tersebut,”tandasnya.

Sementara itu Kepala Kanwil DJP Jatim 2 Agustin Vita Avantin menyampaikan, target penerimaan pajak yang diamanatkan senilai Rp 1 Miliar lebih kepada KPP Pratama Sidoarjo Selatan lebih tersebut pasti akan bisa tercapai.

“Peningkatan kinerja dan sinergitas dengan berbagai instansi serta doa semuanya akan sangat membantu dalam pemenuhan target tersebut,”ujarnya.

Foto : Kakanwil DJP Jatim 2 Agustin Vita Avantin

Dikatakan Vita, sejauh ini DJP telah bersinergi dengan berbagai instansi dan lembaga seperti Pemkab Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, Kodim Sidoarjo dan Kejari Sidoarjo, melalui sinergitas bidang perpajakan yang telah terjalin itulah akan berpengaruh besar pada penerimaan pajak.

BACA JUGA :  Lima Komunitas dan Karang Taruna di Sidoarjo Gunakan Momen Ramadhan Kemarin Perbaiki Fasum di Desa

“Melalui kerjasama dengan berbagai instansi itulah tentu akan mampu menaikkan penerimaan pajak,”tandasnya.

Pada acara tersebut KPP Pratama Sidoarjo Selatan menyampaikan penghargaan kepada para Wajib Pajak Perorangan, Badan, BUMN serta OPD.

Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (Perkim CKTR) Kabupaten Sidoarjo H Bahruni Aryawan mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada KPP Pratama Sidoarjo Selatan yang telah memberikan penghargaan bidang perpajakan kepada Dinas Perkim CKTR Kabupaten Sidoarjo. KPP Pratama Sidoarjo Selatan melihat Dinas Perkim CKTR yang anggaran pajaknya tidak terlalu banyak namun rasio pembayarannya sangat besar.

“Hal inilah yang menjadi dasar penilaian KPP Pratama Sidoarjo Selatan atas penghargaan yang diberikan,”ucapnya. (cles)

Berita Terkait

DJP Jatim II Resmikan “Tax Center” Ke-21 di Madura

redaksi sidoarjo terkini

Kanwil DJP Jatim II Silaturrahmi ke Pondok Pesantren Langitan Tuban

redaksi sidoarjo terkini

DJP Jatim II Berhasil Mencetak Hattrick Penerimaan Pajak