SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pilbup Sidoarjo 2020 Politik & Pemerintahan

Sambangi Balai Wartawan, BHS Janjikan Keterbukaan Informasi Publik dan Pemerintahan Yang Bersih

 

(SIDOARJOterkini) – Membangun sebuah daerah memang dibutuhkan sinergitas semua pihak. Salah satunya antara pemerintah dan insan pers untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan akuntabel.

Seperti yang disampaikan Bambang Haryo Soekartono (BHS) Calon Bupati Sidoarjo menyampaikan pers merupakan elemen yang sangat penting.

Sebab tanpa publikasi atau pemberitaan yang disampaikan, masyarakat tidak akan tahu program dan kebijakan pemerintah.

“Dengan adanya pers ini, maka potensi dari Sidoarjo ini tidak akan diketahui oleh masyarakat luas, bahkan sampai dunia internasional,” Kata BHS saat berkunjung di Balai Wartawan Sidoarjo, Jumat 4 Desember 2020.

Calon Bupati Nomor urut 1 itu mencontohkan masih adanya warga kota delta yang nekad membuang sampah sembarangan bahkan ke dalam batang-batang sungai.

BACA JUGA :  Anggaran peninggian area SMPN 2 Tanggulangin Capai Rp 700 juta

Padahal peraturan daerah (perda) sudah jelas dilarang, bahkan lengkap dengan sangsinya.

“Disitu ditulis bahwa ada sanksi berupa denda sampai Rp 10 juta lho. Kalau warga tahu tentu mereka tidak akan berani buang sampah sembarangan. Dengan begitu Sidoarjo akan jadi kabupaten yang bersih,” tambahnya

Menurutnya, masalah itu terjadi karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan pada masyarakat, salah satunya melalui pemberitaan atau iklan di media massa.

“Lebih runyam lagi kalau warga tidak tahu aturan itu lalu ditangkap dan dikenai sanksi tersebut. Tambah kasihan lagi,” ujar cabup alumnus ITS tersebut.

BACA JUGA :  Pelaku Jambret HP Milik Bocah di Sidorejo Krian Berhasil Diringkus

Karena itulah, Bambang Haryo telah berkomitmen untuk meningkatkan hubungan sinergitas tersebut jika ia sukses memenangkan Pilkada Sidoarjo yang akan digelar serentak pada 9 Desember mendatang.

Salah satu bentuk kerjasama dengan media massa yang diprogramkannya itu adalah dengan meningkatkan besaran dana dalam APBD Sidoarjo untuk belanja iklan di media massa yang hingga saat ini dikeluhkan oleh para insan pers masih tergolong minim.

Namun yang lebih terutama dari semua itu, peraih penghargaan sebagai Anggota RI terinspiratif itu berjanji akan memberikan keterbukaan informasi terkait segala hal di Pemkab Sidoarjo, bukan saja pada insan pers tetapi juga pada masyarakat umum.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Sidoarjo Siap Disuntik Vaksin Covid-19, Ajak Masyarakat Tak Perlu Ragu dan Takut

“Saya sudah siapkan konsepnya. Dengan begitu masyarakat, termasuk teman-teman wartawan, yang ingin mengetahui informasi apapun terkait program, kebijakan dan lain sebagainya bisa mengaksesnya dengan mudah,” janji Bambang Haryo.

Diharapkan keterbukaan informasi itu akan menjadi salah satu daya dorong bagi percepatan pembangunan di Sidoarjo sehingga nantinya kota delta tidak lagi disebut sebagai daerah penyanggah Surabaya, tetapi menjadi metropolis baru di Jawa Timur.

“Potensi kita besar untuk bisa meraih itu. Dan saya akan melakukannya bersama semua komponen masyarakat di Sidoarjo. Hati saya untuk Sidoarjo,” pungkasnya (pung/cles).