SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Relokasi Warga Kedungbanteng-Banjarasri Bisa Dilakukan Setelah Upaya Penangangan Banjir Sudah Maksimal

 


(SIDOARJOterkini) – Desa Kedungbanteng dan Banjarasri Kecamatan Tanggulangin selalu banjir sampai berbulan-bulan tak kunjung surut.

Bahkan, pada beberapa waktu yang lalu, Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono sempat melontarkan solusi instan, yakni merelokasi warga yang terkena banjir.

Renacana dari Pj Bupati Sidoarjo itu tak luput dari kritikan Bangun Winarso anggota Badan anggaran DPRD Kabupaten Sidoarjo.

BACA JUGA :  Peserta Keterampilan Dapat Ajukan Bantuan Modal dari Program Kurda dan Kurma

“Relokasi memang salah satu solusi alternatif, tapi itu dapat dilakukan setelah upaya-upaya teknis untuk mengatasi banjir tersebut sudah dilakukan secara maksimal,” Katanya saat dikonfirmasi, Jumat 29 Januari 2021.

Petugas saat mengukur genangan air di jalan raya Banjarpanji Kecamatan Tanggulangin

Bangun menjelaskan, melakukan relokasi warga tidak seperti membalikan telapak tangan. Artinya sebelum melakukan relokasi harus dipertimbangkan dengan teliti dampak positif dan negatifnya.

BACA JUGA :  Maling Motor Pengunjung Warkop di Semambung Gedangan Diringkus Polisi

“Memang ketika sebuah komunitas berpindah tempat jelas akan ada fase adaptasi baru dan tentunya tidak mudah serta butuh waktu,” ungkapnya.

Selain itu, Anggota Komisi D itu menambahkan, relokasi warga juga butuh disosialisasikan terlebih dahulu. Sehingga masyarakat memiliki pemahaman yang sama.

BACA JUGA :  Curi Motor Tetangga, Residivis Asal Tanjungsari Taman Diringkus Polisi

“Relokasi harus ada pemahaman yang sama dulu dari semua warga terdampak, karena relokasi juga membutuhkan biaya dan waktu yang tepat,” pungkasnya.(pung/cles)