SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Peserta Keterampilan Dapat Ajukan Bantuan Modal dari Program Kurda dan Kurma

 

(SIDOARJOterkini) – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sedang gencar memberikan pelatihan keterampilan atau peningkatan skil kepada masyarakat.

Seperti yang sedang dilakukan sekarang, yaitu pelatihan Barista, Spa Refleksiologi dan Pendingin AC di Kecamatan Krian, Tulangan, Wonoayu dan beberapa kecamatan lainnya.

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo menyampaikan bahwa peningkatan keterampilan ini adalah langkah awal dari program 100 ribu lapangan kerja.

BACA JUGA :  Kapolresta Sidoarjo Peduli Anggota Sakit

“Upgrading skil masyarakat Sidoarjo ini penting untuk meningkatkan daya jual dan kompetitif dalam bidang pekerjaan yang dilakukan,” Kata Muhdlor saat dikonfirmasi usai membuka acara pelatihan keterampilan di Kecamatan Krian, Jumat 05 Maret 2021.

Selain itu, Bupati menjelaskan dengan memiliki kemampuan dan skil yang mumpuni, pasca dilakukan pelatihan ini dapat membuka usaha sendiri. Atau berkelompok sesuai dengan keahlian masing-masing.

BACA JUGA :  Mobil Nissan Dihantam KA Jenggala di Perlintasan Tanpa Palang Pintu Prambon, Pengemudi Tewas

Artinya, jelas Muhdlor, kita tidak bisa berusaha tanpa memiliki keahlian. Kita tidak bisa survive tanpa memiliki daya jual. “Tapi kita juga akan lihat dulu hasilnya dari pelatihan ini,” ungkapnya.

Usai pelaksanaan pelatihan ini, Bupati Muhdlor berjanji tidak akan dibiarkan begitu saja. Ia sudah menyiapkan program yang dapat membantu mereka.

Salah satunya ialah “KURDA” (Kredit Usaha Rakyat Daerah) yang dapat diakses melalui Bank BPR Delta Artha untuk perbantuan modal usaha dengan bunga hanya 3 persen setiap tahun.

BACA JUGA :  Ciptakan Ketenangan Masyarakat, MUI Siap Bersinergi Dengan Polsek Krembung

Sedangkan untuk ibu-ibu, Bupati Muhdlor akan mensikronkan dengan program “KURMA” (Kartu Usaha Perempuan Mandiri).

“Ini adalah ikhtiar kita untuk mewujudkan semua visi-misi yang telah kami sampaikan pada masyarakat,”pungkasnya.(pung/cles)