SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Lima Tahun Bersama Saiful Ilah Politik & Pemerintahan

Peningkatan Pelayanan Publik Masuk Program Prioritas Pemkab Sidoarjo Tahun 2021

 

(SIDOARJOterkini) – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPBD) menggelar forum konsultasi publik untuk membahas Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021 dengan tajuk ‘Menciptakan Stabilisasi Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Sidoarjo Yang Berdaya Saing’.

Dalam Forum ini, Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin menyampaikan rancangan RKPD ini mempunyai arti penting dan strategis dalam melanjutkan pembangunan kabupaten sidoarjo, karena penyusunan rancangan kerja ini merupakan tahun terakhir dari RPJMD Tahun 2016-2021.

“Saya berharap adanya masukan program-program strategis yang perlu mendapatkan perhatian dan harus segera diselesaikan dalam masa transisi ini 1 (satu) tahun, disamping program-program prioritas yang telah tercantum dalam dokumen rpjmd kabupaten sidoarjo periode 2016-2021,” Kata Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin di Aston Hotel, Kahuripan Nirwana Village Sidoarjo, Kamis 13 Februari 2020.

BACA JUGA :  Menantu yang Gadaikan BPKB Motor Mertua Untuk Biaya Persalinan Jalani Sidang

Dalam kesempatan yang sama, Ahmad Zaini Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo dalam paparannya menyampaikan bahwa rancangan akhir RKPD akan dibahas mulai akhir Maret sampai dengan minggu kedua bulan April. Sedangkan penetapannya RKPD dilakukan pada akhir bulan Juni 2020.

“Penyusunan Ranwal RKPD 2021 merupakan penjabaran dari tahun kelima RPJMD 2016-2021. RPJMD Kabupaten Sidoarjo sendiri disusun dengan berpedoman pada RPJPD 2005-2025,” ujar Zaini

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Ajak Belanja Produk UMKM, Melalui Gerakan "Ayo Belanja Produk Lokal"

Dalam forum ini Pemkab Sidoarjo telah menetapkan 5 (lima) prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun 2021. Pertama, Meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pengembangan tata kelola pemerintahan daerah yang baik.

BACA JUGA :  Diduga Depresi Pemuda Asal Jetis Ceburkan Diri ke Kali Mas dari Jembatan Tado Balongbendo

Kedua, Meningkatkan inovasi, kemandirian dan daya saing ekonomi daerah yang berbasis pada potensi unggulan daerah. Ketiga,Meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan.

Keempat, Meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang aman, nyaman,demokratis, berbudaya dan agamis. Kelima, Optimalisasi pembangunan sistem infrastruktur daerah yang terpadu dan berkelanjutan guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.(pung/cles)