SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Pemkab Sidoarjo Berikan Bantuan Modal Bagi Peserta Pelatihan Kerja Yang Lulus Kompetensi

 

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat menyampaikan Sertifikat pelatihan ketrampilan kerja

(SIDOARJOterkini) – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sudoarjo kembali menggelar pelatihan ketrampilan pemijatan bayi, pastry, SPA refleksiologi, perawatan kulit bagi buruh pabrik rokok di Kantor Kecamatan Candi, Kamis 28 Oktober 2021.

Pelatihan Ketrampilan kerja yang dibiayai dari anggaran Dana Bagi Hasil Cukai dan Tembakau (DBHCT) diikuti sebanyak 60 pekerja perempuan dan dibuka langsung oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor.

Dalam sambutannya Bupati Sidoarjo mendorong kepada peserta untuk berani membuka usaha sendiri dengan bekal yang didapat dari pelatihan.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor

“Peserta yang lulus kompetensi akan mendapatkan sertifikat dan bantuan modal dari Disperindag,”ujarnya.

Ditambahkannya, biaya pelatihan sangat mahal dengan menggunakan anggaran daerah, pihaknya meminta kepada peserta untuk serius dan tidak main-main dalam mengikuti pelatihan.

BACA JUGA :  Kapolresta Sidoarjo Pimpin Sertijab Kasat Tahti dan Kapolsek Krian

“Setiap peserta dianggarkan Rp 1.500.000, untuk itu jangan disia-siakan, ikuti dengan sungguh-sungguh,”pesannya.

Dijelaskan Gus Muhdlor, untuk membangkitkan usaha kecil di masyarakat, Pemkab sudah menyiapkan program bantuan hibah usaha. Program ini memberikan stimulus bantuan permodalan dalam bentuk hibah kepada masyarakat bawah yang selama ini paling terkena pandemi.

BACA JUGA :  Hanya Karena Pakai Kaos Silat, Siswa SLB Dihajar Empat Orang di Kedungturi Taman

“Program tersebut akan menggali potensi usaha kecil berbasis tingkat RT dan diharapkan akan bisa meningkatkan taraf hidup warga Sidoarjo. Selain itu akan mengurangi jumlah pengangguran,”ucapnya.

Sebanyak 83 ribu Rukun Tetangga (RT) di Sidoarjo yang akan digarap potensinya. Program unggulan ini akan digawangi oleh RT setempat. Bentuk usahanya bukan hanya bentuk penjualan produk saja namun juga bisa dalam bentuk jasa. Program ini bertujuan mendorong agar Ibu-ibu lebih produktif bisa joint Income menambah pendapatan keluarga.

“Tahun 2022 kita siapkan program Kurma yaitu dengan pemberian hibah sebesar 5 juta sampai 50 juta kepada UMKM. Sasaran utamanya adalah ibu-ibu yang memiliki usaha. Proses pengajuannya nanti melalui pengurus RT masing-masing,” ujar Gus Muhdlor penuh semangat.

BACA JUGA :  Nyaris Dimassa, Pelaku Begal di Jalan Arteri Porong Berhasil Diringkus Saat Beraksi

Sementara itu Kepala Disnaker Sidoarjo, Fenny Apridawati menyampaikan, pemijatan bayi, pastry, SPA refleksiologi, perawatan yang diikuti oleh 60 orang dari para buruh Pabrik Rokok.

“Peserta pelatihan nantinya bisa menjalankan dengan baik serta uji kompetensi lulus mendapatkan sertifikat kompetensi,”tuturnya. (cles)