SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Pemkab Sidoarjo Berikan Bantuan Kepada Seratus Penyandang Disabilitas Berat

 

(SIDOARJOterkini) – Sejumlah penyandang disabilitas berat di Kabupaten Sidoarjo menerima Bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo. Puluhan bansos secara simbolis diserahkan oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor di Pendopo Kecamatan Waru. Kamis 15 September 2022.

Menurut kriteria dari Kementerian Sosial RI, kategori disabilitas berat adalah penyandang disabilitas yang sepanjanh hidupnya tergantung pada orang lain, tidak dapat melakukan aktivitas dasar sehari-hari seperti makan dan minum, rentan usianya 2-59 tahun.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor menyampaikan, bansos yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas kategori berat itu menjadi atensinya. Selama ini, bantuan yang disalurkan mencakup keluarga kurang mampu dan lansia. Khusus untuk penyandang disabilitas belum banyak tersentuh.

BACA JUGA :  Dirgahayu TNI ke 77, Bupati Sidoarjo: TNI Milik Rakyat, TNI Adalah Kita

“Bansos untuk disabilitas berat ini adalah bentuk sumbangsih, bahwa negara hadir di setiap celah kehidupan masyarakat, terutama bagi masyarakat yang membutuhkan seperti halnya para penyandang disabilitas berat yang aktivitas sehari-harinya membutuhkan bantuan orang lain,”ujarnya.

Dirinya menambahkan kalau jumlah penerima bansos disabilitas berat tahun 2022 kuotanya 100 orang. Rencananya, tahun 2023 kuota penerima ditambah. Pemberian bansos khusus kepada para penyandang disabilitas tersebut merupakan komitmen Bupati Muhdlor kepada warga Sidoarjo agar kehadiran pemerintah dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

Bupati minta kepada Dinas Sosial melalui ratusan tenaga SLRT (Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu) mendata dan menginformasikan problem sosial yang ada di bawah selanjutnya akan ditangani dinas terkait. SLRT sendiri di bawah naungan Dinas Sosial yang bertugas membantu mendata dan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan miskin.

BACA JUGA :  TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Kawal Pelaksanaan BIAS

“Terkait dengan komitmen kabupaten untuk memberikan bantuan sosial kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung. Saya harapkan secara konsisten teman – teman juga memberikan bantuan berupa informasi, seperti TKSK, SLRT, Kepala desa, masyarakat yang membutuhkan bantuan,” jelasnya.

Kepala Dinas Sosial, Ahmad Misbahul Munir melaporkan, bahwa penyerahan bansos bagi disabilitas berat hari ini secara simbolis ada 36 penerima. Diantaranya 30 orang dari Kecamatan Waru, 4 orang dari Kecamatan Taman dan 2 orang dari Kecamatan Gedangan.

BACA JUGA :  Mitra Sehat Mandiri Gelar Wisuda, Begini Pesan Wabup Sidoarjo 

“Pemkab Sidoarjo lewat Dinas Sosial memberikan bantuan bagi disabilitas berat sebesar Rp. 300 ribu perbulan. Bantuan uang tunai tersebut diberikan setiap bulan sekali,” jelasnya.

Misbahul menambahkan, untuk tahun ini penyandang disabilitas berat seluruh Kabupaten Sidoarjo yang mendapatkan bansos jumlahnya 100 orang. Kemudian ada tambahan bantuan dari provinsi Jawa Timur 70 orang.

“Jadi jumlah keseluruhan penyandang disabilitas berat tahun ini yang mendapat bansos sebanyak 170 orang. Triwulan ke 3 ini Bansos diberikan langsung 3 bulan, masing-masing menerima sebesar Rp. 900 ribu. (cles)