SIDOARJO TERKINI
Ekbis Headline Indeks

Pembangunan Jaling Waru-Masjid Al-Akbar Sudah 70 Persen, Selesai Diserahkan ke Pemkab

image

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah bersama Kadis PU Bina Marga Sigit Setiawan saat melihat progres pembangunan jalan Lingkar Waru-Masjid Al Akbar.

(WARUterkini)- Pembangunan jalan penghubung RAM 115 yang merupakan akses dari Waru ke Masjid Al Akbar Surabaya sudah mencapai 70 persen. Nantinya jalan lingkar sepanjang 1,1 km itu akan diserahkan ke Pemkab Sidoarjo.

Jalan yang dibangun oleh PT Surabaya Lingkar Mas (SLM), salah satunya untuk kepentingan bisnis perusahaan tersebut. Karena PT SLM mempunyai lahan seluas 18 hektar di kawasan akses menuju Masjid Al-Akbar yang nantinya akan dibangun mall dan pusat bisnis lainnya.

Dengan dibangunnya jalan lingkar RAM 115 itu akan memudahkan akses ke kawasan itu. “Kalau nanti selesai jalan ini akan diserahkan ke Pemkab Sidoarjo,” ujar Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, saat melihat progres jalan tersebut, Selasa (1/9/2015)

Saiful Ilah menambahkan selama ini jika akan menuju ke Masjid Al-Akbar dari kawasan Jalan Ahmad Yani-Waru harus memutar dulu di Medaeng. Namun, jika jalan lingkar RAM 115 itu selesai pengendara bisa langsung melewati jalan yang melintas disisi tol tersebut.

BACA JUGA :  Ajak UKM Bangkit dari Pandemi, Alfamart dan Nestlé Gelar Festival UKM Sabang-Merauke

Pembangunan jalan lingkar Waru-Masjid Al Akbar Surabaya dimulai awal tahun ini. Rencananya, proyek senilai Rp 30 miliar itu akan diresmikan akhir tahun ini.

BACA JUGA :  Komisi B DPRD Sidoarjo Minta Disperindag Awasi Penjualan dan Cegah Penimbunan Minyak Goreng

Namun, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah minta sebelum November tahun ini sudah selesai. “Kalau bisa diselesaikaj Oktober saja, sebelum masa jabatan bupati selesai,” harapnya.

Direktur PT SLM Hendra Sujanto mengaku berupaya agar bisa sesuai keinginan bupati agar bisa diresmikan. “Kami upayakan cepat selesai pak bupati,” ujarnya.d

Pembangunan jalan lingkar RAM 115 itu direncanakan mulai tahun 2006. Selain untuk kepentingan pembangunan tempat komersil di lahan 18 hektar, jalan itu juga bermanfaat untuk akses menuju ke Masjid Al-Akbar akan dilebarkan.

Pembangunan RAM 115 itu mulai pintu masuk tol penghubung Waru-Sidoarjo dengan panjang 1,1 kilometer dengan lebar jalan 8 meter. Pembangunan jalan penghubung itu tidak perlu membebaskan lahan warga karena menggunakan lahan milik tol dan Pemkab Sidoarjo, serta milik PT SLM.

BACA JUGA :  Petani Desa Randegan Gelar Keleman Ungkap Syukur Masuki Masa Tanam

Kepala Dinas PU Bina Marga Sidoarjo, Sigit Setiawan, mengatakan jalan lingkar Waru-Masjid Al-Akbar jika sudah selesai akan diserahkan ke Pemkab Sidoarjo.”Kalau sudah diserahkan ke pemkab, semua menjadi tanggung jawab kita,” ucapnya.

Sigit menambahkan, selama ini pihaknya memang menggandeng pihak swasta dalam hal pengembangan jalan. Artinya, pengusaha diminta menghibahkan lahannya yang terkena pelebaran jalan karena menyangkut kepentingan umum.(st-12)