SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Lembaga ARCI Keluarkan Hasil Survei Terbaru, Ketokohan BHS di Sidoarjo Duduki Peringkat Teratas

 


(SIDOARJOterkini) – Lembaga Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mengeluarkan hasil survei terbaru mereka terkait potret elektabilitas Partai Politik dan Tokoh Publik di Kabupaten Sidoarjo.

Survei ARCI dilakukan pada 15 hingga 27 Januari 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur dengan jumlah responden proporsional.

Survei ini menggunakan mutistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 400 orang, dengan margin of error sebesar tiga persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Untuk di Kabupaten Sidoarjo survei di lakukan di 18 Kecamatan dengan jumlah responden proporsional.

Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt kepada jurnalis di Sidoarjo, Kamis (3/3/2022), mengungkapkan jika dua tahun menjelang Pemilu 2024 kami sodorkan ke koresponden dengan pertanyaan terbuka, Apabila pemilihan Bupati Sidoarjo di lakukan saat ini siapa yang anda pilih ?,

Top Of Men hasil suvei ARCI, Ir Bambang Haryo Soekartono atau BHS di peringkat pertama dengan presentase 27,3 %, diurutan Kedua Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor dengan presentase 21,9 %. Kemudian H Subandi sebesar 17,2 %, serta Kadis Kominfo Jawa Timur, Hudiono sebesar 15,5 %, tapi ada 18,1 % yang tidak menjawab.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Buka Pelatihan Barista di Buduran

” Ada 18,1 % warga yang tidak menjawab dan tidak menentukan nama atau menentukan pilihan,” kata Baihaki Sirajt

Baihaki menambahkan terkait hasil survei ARCI mengenai elektabilitas ketokohan  dengan pertanyaan ‘Apabila Pemilihan Kepala Daerah dilakukan saat ini siapa yang anda pilih?’, hasil nya Bambang Haryo Soekartono di presentase paling banyak dengan 36,5 % dan dibawahnya Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor sebesar 27,2 % kemudian nomor 3 ada Kepala Kominfo Pemprov Jatim, Hudiono 15,3 %, Wakil Bupati Sidoarjo H Subandi 9,3 % diposisi 4, Kemudian no 5 ada Anggota DPRD Jatim dari PKB yakni Amir Aslihin atau Mas Iin sebesar 2,9 %.

BACA JUGA :  Wabup Sidoarjo Resmikan Perpustakaan Ramah Anak “Ceria” SDN Ngingas Waru

Diposisi 6 survei ARCI ada Anggota DPRD Sidoarjo dari Gerindra, Mimik Idayana dengan presentase 1,4 % disusul Ketua DPD Golkar Sidoarjo yakno Adam Rusydi 1,3 % diperingkat 7. Kemudian Ketua DPC PDI Perjuangan Sidoarjo, Sumi Harsono 0,9 % di peringkat 8 dan diposisi dua terakhir ada Taufiqqulbar 0,8 % dan Kelana Aprilianto di peringkat 10 sengan presentase 0,5 %. Untuk yang tidak menjawab dan tidak tau sebesar 3,9 %.

“Eletabilitas BHS memang unggul dari Bupati Sidoarjo, Gus Muhdlor. Yang mengejutkan ada nama Mantan Pj Bupati Sidoarjo yang saat ini menjabat Kadis Kominfo Pemprov Jatim, Hudiono diperingkat ke 3, ” paparnya.

Baihaki menambahkan jika dalam survei ARCI juga ada penegasan dengan menyodorkan pertanyaan terbuka ‘Apakah pilihan anda bisa berubah?’

“Yang menjawab bisa berubah 35,2 persen, menjawab Mungkin 37,4 % dan yang menjawab Tidak ada 27,4 %,” imbuh Baihaki.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 12/Prambon Kawal Penyaluran BLT-DD Watutulis

Berikut hasil survei ARCI terkait Elektabilitas tokoh di Kabupaten Sidoarjo:

Pertanyaan terbuka apabila Pemilihan Bupati di lakukan saat ini siapa yang anda pilih? Top Of Men

1. Bambang Haryo Soekartono : 27,3 %, 2. Ahmad Muhdlor Ali : 21,9 %, 3. H. Subandi : 17,2 %,  4. Hudiono : 15,5 %, 5. Tidak menjawab : 18,1 %

Apabila Pemilihan Kepala Daerah dilakukan saat ini siapa yang anda pilih?

1.Bambang Haryo Soekartono : 36,5 %, 2. Ahmad Muhdlor Ali : 27,2 %,  3. Hudiono : 15,3 %, 4.H. Subandi S.H : 9,3 %, 5. Amir Aslihin :2,9 %, 6. Mimik Hidayana :1,4 %, 7. Adam Rusydi :1,3 %, 8. Sumi harsono :0,9%, 9. Taufiqqulbar : 0,8 %, 10. Kelana Aprilianto : 0,5 %, 11. Tidak Tahu / Tidak menjawab : 3,9%. (cles)