SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Lapor Jalan Rusak, Cukup Lewat Aplikasi Smart Bina Marga

 

Kadis PU Bina Marga Sigit Setiawan memaparkan aplikasi untuk pelaporan jalan rusak
Kadis PU Bina Marga Sigit Setiawan memaparkan aplikasi untuk pelaporan jalan rusak

(SIDOARJOterkini)-Warga Sidoarjo sudak tidak usah repot lagi untuk melaporkan jalan rusak. Sepak Dinas PU Bina Marga Sidoarjo membuat aplikasi laporan secara online.

 

Laporan warga bisa langsung direspon. Bina Marga Sidoarjo  menggandeng microsoft untuk realisasi program tersebut.

 

Sedangkan program tersebut berasal dari mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) sebagai pemenang dari Microsoft CityApp Appathon. Kompetisi pembuatan aplikasi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

 

Kepala Dinas PU Bina Marga Sigit Setyawan mengatakan, aplikasi dari mahasiswa terkait laporan kerusakan jalan tersebut sangat bermanfaat. Pihaknya menilai jika aplikasi tersebut diterapkan, akan mempermudah untuk mengetahui kondisi jalan.

 

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Hadiri Konfercab Alumni GMNI 

Aplikasi yang nantinya bisa diunduh melalui android dan sejenisnya tersebut memberikan sejumlah program. Masyarakat bisa meng upload gambar kerusakan jalan melalui aplikasi yang ada di handphone.

 

Dengan demikian, Dinas PU Bina Marga akan mengetahui kondisi jalan yang dilaporkan. “Jika banyak yang meng upload kondisi jalan di kawasan yang sama berarti jalan tersebut menjadi prioritas karena tingkat kerusakan yang parah,” ujar Sigit.

BACA JUGA :  Tukang Becak Asal Sidoarjo Tega Cabuli Bocah Cantik Tetangganya

 

Aplikasi tersebut rencananya akan diterapkan pada Januari 2016. Sehingga, saat aplikasi itu sudah terpasang, Dinas PU Bina Marga akan mensosialisasikan agar program aplikasi tersebut bisa diketahui masyaralat luas. “Saat ini terkait mekanismenya masih kita koordinasikan lebih lanjut dengan Microsoft,” kata mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) ini.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Temui Warga, Bahas Pembebasan Makam Desa Waru yang Terdampak Frontage Road

 

Selama ini laporan kerusakan jalan diterimanya dari telepon, media maupun pengaduan melalui surat. Jika aplikasi program tersebut bisa dijalankan, maka pengaduan masyarakat tentang kondisi jalan akan semakin cepat.

 

Ditanya apakah pihaknya sudah siap langsung memperbaiki jika ada jalan rusak?. Sigit mengaku sudah ada anggaran swakelola yang bisa dipakai.

 

Selain itu, pihaknya juga sudah siapkan petugas khusus untuk perbaikan jalan untuk dana swakelola.  (st-12)