SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pilbup Sidoarjo 2020 Politik & Pemerintahan

KPU Sidoarjo Putuskan 1.404.887 Daftar Pemilih Tetap Pilkada 2020

 

(SIDOARJOterkini) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo telah menetapkan 1.404.887 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pilkada 2020.

Data DPT tersebut berdasarkan rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), kemudian KPU bersama Bawaslu Sidoarjo melakukan rapat pleno penetapan tersebut.

Mukhamad Iskak Ketua KPU Sidoarjo mengatakan, proses dan penyusunan daftar pemilih ini sudah mempertimbangkan masukan dari Bawaslu Sidoarjo.

BACA JUGA :  PAC PDI Perjuangan Tanggulangin Dan DPC Taruna Merah Putih Berbagi Ramadhan Peduli

Salah satunya dengan melakukan perbaikan di tiga kecamatan, yaitu Porong, Taman, dan Sukodono. sesuai dengan saran dari Bawaslu Sidoarjo.

“Selama proses rekapitulasi data pemilih, kami selalu memperhatikan saran dan masukan dari Bawaslu,’ Kata Iskak.

Iskak menjelaskan, dari 1.404.887 Daftar Pemilih Tetap. Terdiri dari dari 692.500 pemilih laki-laki dan 712.387 pemilih perempuan. “Kalau dilihat memang lebih banyak pemilih perempuannya,” jelasnya.

BACA JUGA :  Ciptakan Ketenangan Masyarakat, MUI Siap Bersinergi Dengan Polsek Krembung

Seperti yang diberitakan sebelumnya, penyusunan DPT itu juga telah melalui berbagai tahapan. Mulai dari proses coklit pada pertengahan juli lalu, hingga penetapan DPS dan DPT.

BACA JUGA :  Pelaku UKM di Tanggulangin Mulai Urus Persyaratan Pengajuan BPUM

Selama proses penyusunan DPT, Bawaslu juga terus melakukan pengawasan secara melekat. Beberapa hal yang sempat menjadi perhatian diantaranya sejumlah data pengurus PDIP yang belum masuk DPs, hingga data orang meninggal dunia yang tercatat masuk DPS. (pung/cles).