SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Kontribusi Anggota Karang Taruna Dalam Menjalankan Perannya

 

 

Penulis : Fira Oktaviani Az – Zahra
NIM : 212020100148
Prodi : FBHIS
Jurusan : Adm. Publik
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

 

Organisasi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan bersama untuk mencapai tujuan. Di dalam sebuah organisasi semua anggota mempunyai tugas masing – masing serta tanggung jawab dengan tugasnya. Banyak sekali macam – macam organisasi disekitar kita, salah satunya adalah organisasi Karang Taruna.

Karang Taruna merupakan organisasi kepemudaan yang mempunyai peran penting dan spesifik dengan anggotanya yang masih muda (generasi muda). Karang taruna dibentuk dengan tujuan sebagai wadah untuk menampung segala aspirasi masyarakat setempat, permasalahan serta solusinya, dan membimbing para remaja melalui organisasi, memupuk persatuan dan kesatuan, maupun hal lain yang bertujuan untuk memajukan desa juga rakyatnya.

BACA JUGA :  Satgas TMMD Kodim 0816 Sidoarjo Bersama Masyarakat Gelar Karya Bhakti

Pengurus di dalam karang taruna juga pemuda – pemudi dari desa itu sendiri. Seperti salah satu Karang Taruna di Kabupaten Sidoarjo, lebih tepatnya di Desa Kemantren, Kecamatan Tulangan, yang sudah lama berdiri sejak tanggal 10 November 2014, dan sebutannya yang dikenal sebagai Patria Kemantren.

Kegiatan produktif yang terus – menerus muncul setiap saat seperti memperingati Tahun Baru, 17 Agustus dan masih banyak lainnya. Dalam menjalankan perannya pada sebuah kegiatan, anggotanya mempunyai bagiannya masing – masing sesuai dengan pembagian tugas. Bimbingan untuk anggotanya berguna ketika ada sebuah kegiatan semacam ini, agar kegiatan tersebut terarah dan anggota dapat berperan aktif, tidak hanya diam menyaksikan anggota lain bekerja.

BACA JUGA :  Belasan Tahun Jembatan Penghubung Dua Desa Itu Tidak Tersentuh Pembangunan

Akan tetapi, lebih baik lagi dan dapat berjalan sesuai keinginan ketika masyarakat turut serta dalam perencanaan seperti memberikan ide serta tenaganya dan mengikuti peraturan juga arahan dari panitia.

Kegiatan Karang Taruna di Desa Kemantren untuk saat ini adalah mengadakan olahraga bola volley yang lapangannya terletak didepan balai desa Kemantren. Olahraga ini dilakukan setiap hari oleh para pemuda desa Kemantren. Kegiatan rutin dalam memperingati hari kemerdekaan pada 17 Agustus juga selalu ada jalan sehat, lomba bola volley antar RT, adapun lomba lainnya.

BACA JUGA :  Sembilan Narapidana di Jatim Dapat Sertifikat Perseroan Perorangan

Di atas adalah salah satu kegiatan yang telah terlaksanakan dan menjadi sebuah reward untuk organisasi karena telah melaksanakan kegiatan dengan melalui berbagai kendala hingga menemukan kelancaran. Organisasi karang taruna desa ini sudah berjalan dengan baik dengan adanya kerjasama antar anggota dengan masyarakat. Tidak lupa dengan loyalitas dan solidaritas yang selalu diutamakan didalam organisasi.