SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Juri Lomba Kampung Pancasila Kodim Sidoarjo, Kunjungi Desa Pekarungan Sukodono

 

(SIDOARJOterkini) – Tim penilai lomba Kampung Pancasila dari Kodim 0816 Sidoarjo melakukan penilaian di Desa Pekarungan Kecamatan Sukodono, Senin 14 Maret 2022.

Kedatangan Tim penilai yang dipimpin oleh Pasiter Kodim 0816 Sidoarjo Kapten Chb Kamsuri disambut Danramil Sukodono dan Kepala Desa Pekarungan di Balai Desa setempat

Kepala Desa Pekarungan H Efendi menyampaikan selamat datang kepada tim penilai, dirinya berharap Desa Pekarungan bisa menjadi perwakilan mengikuti lomba dan menang.

“Yang lebih penting, dengan lomba ini, warga bisa terbuka hatinya dalam memahami dan mengamalkan Pancasila,”ujarnya.

Dalam kesehariannya lanjut H Efendi, warga telah mengamalkan nilai luhur Pancasila, hal tersebut terbukti dalam menyelesaikan setiap permasalahan diselesaikan dengan jalan musyawarah.

BACA JUGA :  Wabup Subandi Selesaikan Polemik Akses Jalan Perumahan di Desa Bligo Candi 

“Pengamalan sila dalam Pancasila telah dipahami dan sudah dijalankan oleh warga,”ujarnya.

Danramil 0816/15 Sukodono Kapten Arh Puji Wihardi pada kesempatan tersebut menyampaikan, Lomba Kampung Pancasila digelar bertujuan untuk menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman rakyat Indonesia.

BACA JUGA :  Kanwil DJP Jatim II Gencar Sosialisasikan PPS

“Sikap toleransi antar umat beragama dengan hidup berdampingan secara rukun dan damai adalah penerapan nilai luhur Pancasila,”ujar Kapten Arh Puji Wihardi.

Menurutnya, kerukunan umat beragama di Kampung Pancasila sudah terbina dengan baik. Rumah ibadah yang berdekatan tidak menjadikan masalah namun malah mempererat kerukunan dalam menjalankan ibadah.

Sementara itu Pasiter Kodim 0816/Sidoarjo Kapten Chb Kamsuri mengatakan, pengamalan Pancasila yang ditunjukkan oleh warga desa Pekarungan dalam kehidupan sehari-hari semoga menjadikan Desa Pekarungan menjadi perwakilan Kampung Pancasila.

BACA JUGA :  Kasus Pungli PTSL yang Menjerat Kades Suko Sukodono dan 3 Perangkatnya Segera Disidangkan

“Berbagai permasalahan yang timbul diantara warga bisa terselesaikan dengan musyawarah dan mufakat merupakan cerminan dari nilai luhur Pancasila,”ungkap Kapten Chb Kamsuri.

Dikatakannya, Tim Penilai bangga dengan kehidupan warga di Pekarungan yang berpijak pada nilai luhur Pancasila, dan semoga bisa menjadi contoh desa-desa yang lain di Kabupaten Sidoarjo.

“Tetap semangat semoga Desa Pekarungan bisa menang,”tegasnya. (cles)