SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Job Fair Sidoarjo Dibuka, Libatkan 46 Perusahaan Dengan 1.776 Lowongan Pekerjaan

 

 

Wabup Sidoarjo H Subandi saat membuka JobFair

(SIDOARJOterkini) — Ribuan pencari kerja memadati Job Fair yang diselenggarakan Pemkab Sidoarjo di alun-alun Sidoarjo, Selasa 24 Mei 2022.

Bursa Kerja yang dibuka selama dua hari tersebut (24-25 Mei 2022) tersebut melibatkan 46 perusahaan dengan 1.776 lowongan kerja.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo Happy Setianingtyas menjelaskan, Job Fair diselenggarakan dengan menggunakan sistem online, namun pihaknya juga melayani pelamar kerja secara offline.

BACA JUGA :  Setoran PPS Kanwil DJP Jatim II Tembus Rp1,25 Triliun

“Sekitar 7.000 pencari kerja yang datang tidak hanya dari wilayah Sidoarjo, akan memperebutkan 1.776 lowongan kerja yang disediakan,”ucapnya.

Dijelaskannya, di lokasi Job Fair, panitia mendampingi para pencari kerja hingga mendapatkan kerja, dan yang kesulitan saat pendaftaran secara online.

“Di paseban kita tempatkan panitia yang mendampingi para pelamar saat mendaftar,”ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi mengatakan, masih tingginya angka pengangguran menjadi perhatian khusus pemerintah daerah untuk menjalankan 17 program kerja kepemimpinan Muhdlor – Subandi.

BACA JUGA :  Babak Final, Tim Futsal Sidoarjo Berhasil Raih Medali Perak di Porprov Jatim VII

Subandi menyebut, tingginya angka pengangguran di Sidoarjo disebabkan adanya Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung selesai selama 2 tahun terakhir.

“Ini merupakan ikhtiar kita untuk mengurangi angka pengangguran di Sidoarjo,” ujarnya.

Wabup Sidoarjo meminta pihak Disnaker untuk mengelola job fair secara profesional. Jangan ada istilah titip menitip. Biarkan mereka memilih tenaga kerja sesuai dengan kebutuhannya.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Pantau Festival Anak Sawah di Kampung Lali Gadget Pagerngumbuk

“Semua harus dikelola dengan profesional. Agar perusahaan tidak kapok bekerjasama dengan dengan kita dan bisa membuka lapangan kerja yang lebih luas lagi,” ungkapnya.

Rina salah satu peserta job fair yang baru lulus dari SMK mengaku ingin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya yakni Akutansi.

“Saya taruh lamaran di dua perusahaan, semoga bisa diterima,”harapnya.(cles)