SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Jelang Misa Natal, Gubernur Jatim Cek Penerapan Prokes Gereja di Sidoarjo

 

(SIDOARJOterkini) – Pihak pengurus Gereja harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam pelaksanaan misa Natal 2020 di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi Gereja Paroki Santa Maria Annuntiata di Jalan Monginsidi, Sidoarjo, Kamis 24 Desember 2020 sore.

Gubernur Jawa Timur yang didampingi Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, Kapolda Jatim Irjen Pol. Nico Afinta, dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto menyampaikan, Pelaksanaan misa Natal di tengah pandemi Covid-19 berjalan Lancar, aman dan nyaman. Pengurus gereja telah mengatur jumlah jemaat sehingga tidak berkerumun.

“Kami telah mengetahui langsung bagaimana protokol kesehatan telah dilaksanakan secara ketat. Jemaat juga dapat mengikuti misa di rumah secara virtual, meskipun tidak dapat datang langsung ke gereja. Sehingga misa tetap dapat diikuti secara khidmat,” jelas Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

BACA JUGA :  Curi Motor Tetangga, Residivis Asal Tanjungsari Taman Diringkus Polisi

Sebagai antisipasi terjadinya kerumunan orang jumlah jemaat di gereja ini dibatasi maksimal 25 persen dari kapasitas tempat duduk gereja. Waktu kedatangan jemaat juga dilakukan sesuai nomor tempat duduk yang sebelumnya dilakukan registrasi secara online.

Tidak hanya itu di Gereja Paroki Santa Maria Annuntiata seperti dilakukan di gereja lainnya, telah menerapkan protokol kesehatan. Yakni tersedianya sarana mencuci tangan, alat pengukur suhu tubuh, aturan wajib menggunakan masker, cairan disinfektan, hingga tersedianya APD.

BACA JUGA :  Seorang Wanita Penghuni Kos di Krajan Stasiun Krian Ditemukan Tak Bernyawa

Pada kesempatan itu, Gubernur Jatim juga menyerahkan bantuan APD dan sarana protokol kesehatan pada Gereja Paroki Santa Maria Annuntiata.

Kepala Paroki R.D. Johanes Anano Sri Nugroho mengatakan, misa Natal tahun ini penuh harap agar pandemi Covid-19 segera berlalu. Pelaksanaan ibadah juga berlangsung penuh khidmat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

BACA JUGA :  Dua Pengedar Sabu Diringkus Polisi di Kamar kos Sawotratap Gedangan

“Meskipun ada sebagian jemaat yang mengikuti secara virtual,”ucapnya.

Sementara itu, untuk mengamankan Natal 2020 di 91 gereja se-Kabupaten Sidoarjo, menurut Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji telah menempatkan personelnya bersama TNI, Satpol PP, Banser dan komunitas. Tidak hanya melakukan pengamanan, namun personel gabungan juga mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan di gereja-gereja.

“Kami saling bersinergi untuk Jogo Sidoarjo, memberikan rasa aman dan nyaman selama perayaan Natal 2020,” lanjutnya.(cles)