SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Ini Dia Hasil Kunjungan Bupati Sidoarjo ke Negara Ratu Elisabeth, Inggris Berminat Investasi di Sidoarjo

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan rombongan bertemu dengan perwakilan dari Inggris.
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan rombongan bertemu dengan perwakilan dari Inggris.

(SIDOARJOterkini)- Inggris berminat menjalin kerjasama perdagangan dan berinvestasi di Kabupaten Sidoarjo. Hal ini terungkap dalam kunjingan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah bersama rombongan ke Inggris yang dijadwalkan sampai Minggu (24-4-2016).

Dalam kunjungan kerja ini, delegasi Pemkab Sidoarjo termasuk dalam delegasi Propinsi Jawa Timur. Tujuan kunker ini untuk mempromosikan perdagangan dan investasi di Jawa Timur, yang salah satunya di Sidoarjo.

Rombongan dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Pemprov Jatim Ir Hardi Prasetyo ME dari sidoarjo Bupati Sidoarjo, Kepala BPPT Achmad Zaini dan Kabag Kerjasama Ari Suryono. Selama di Inggris rombongan fokus membicarakan kerjasama perdagangan.

Inggris merupakan salah satu mitra dagang utama Jatim. Selama ini sudab memberikan nilai surplus ekspor non migas Jatim. Terbukti tahun 2015 ekspor ke Inggris mencapai USD 241,55.

Sedangkan Kabupaten Sidoarjo menyumbang beberapa komoditi  dari perusahaan yang ada di Kota Delta ini. Diantaranya, produksi alas kaki, PT Young Tree Industries dan PT Kharisma Indonesia.

BACA JUGA :  Kades Suko Sukodono Resmi Ditetapkan Tersangka Pungli PTSL Oleh Kejari Sidoarjo

Kemudian ekspor daging dan ikan olahan dari PT Sekar Bumi dan PT Surya Alam Tunggal. Demikian pula perabot penerangan rumah, oleh PT Victory Rottanindo, PT Aneka Regalindo.

Ekspor kopi, teh dan rempah, oleh PT Indokom Citra Persada, PT Bintang Tunggal Sejati, PT Supa Surya Niaga. Kemudian, alumunium oleh PT Alumindo Light Melatinsustri, PT Indal Alumunium Industry, PT maspion. Selanjutnya, produk mainan oleh PT Broady Indonesia Global.

BACA JUGA :  Wakil Bupati Sidoarjo : Kualitas Pendidikan di Sekolah Negeri dan Swasta Setara

Dalam kunjungan itu juga elah dilaksanakan pertemuan antara Uk-Asean Business Council (UKABC) dengan delegasi di Hotel Cnrad St James. Dari sidoarjo juga dihadiri oleh perwakilan PT Sekar Bumi Tbk yang terkenal dengan produk krupuk.

UKABC merupakan organisasi terkemuka di inggris yang berperan mempromosikan perdagangan dan investasi antara inggris dan pasar ASEAN yg dinamis.

Berdiri sejak tahun 2011 berupaya menyediakan fasilitas perusahaan-perusahaan inggris guna menjalin hubungan bisnis yg sangat besar. Pada tanggal 26 Juni 2016 UKABC dan 25 pengusaha akan mengadakan kunjungan balasan ke Jawa Timur dan tentunya Sidoarjo

BACA JUGA :  Begal Bacok Warga Tulangan Dengan Pedang di Pagerwojo Buduran, Motor Korban Digondol

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dalam forum bisnis menyampaikan perusahaan yg telah mengekspor produknya ke Inggris juga menyampaikan beberapa peluang investasi di sidoarjo. “Inggris bisa berinvestasi diproduk utama Sidoarjo, produk UKM. “Termasuk beberapa proyek pengembangan Bandara Juanda di Sidoarjo Terminal 3 menjadi City Aiirport. Adapula kawasan Jabon industri dan bebarapa pengembangan investasi,” ujar Saiful Ilah yang juga bertemu dengan Dubes RI untuk Inggris Raya. (st-12)