SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pilbup Sidoarjo 2020

Enam Parpol Koalisi Untuk Kalahkan Saiful Ilah Dalam Pilkada

image

Enam petinggi parpol koalisi enam parpol saat potong tumpeng

(SIDOARJOterkini)- Cabup incumben Saiful Ilah yang diusung PKB dalam Pilkada Sidoarjo 2015 mendapat saingan berat. Pasalnya, enam parpol yang ada Sidoarjo sudah menyatakan berkoalisi untuk mengusung calon sendiri.

Enam parpol yang berkoalisi, PDIP, PAN, Golkar, Nasdem, PBB dan PPP. Parpol ini mendapat kursi di DPRD Sidoarjo. PDIP 8 kursi, PAN 7 kursi, Golkar 5 kursi, Nasdem, PBB dan PPP masing-masing 1 kursi.

Kesepakatan koalisi sudah ditandatangani oleh petinggi enam parpol itu dan ditindaklanjuti dengan rapat yang digelar di Kantor DPC PDIP Sidoarjo,  Jalan Raya Jati, Sidoarjo, Selasa (2/6/2016).

Dalam kesempatan itu juga dilakukan potong tumpeng dan penegasan kembali koalisi. “Hari ini rapat persiapan deklarasi besok (hari ini,red) dan pembentukan panitia penjaringan cabup-cawabup dan lainnya,” ujar Ketua DPC PDIP Sidoarjo Tito Pradopo.

BACA JUGA :  DJP Lanjutkan Sosialisasi UU HPP di Kota Surabaya

Dalam pertemuan itu dihadiri Ketua DPC PDIP Sidoarjo Tito Pradopo, Ketua DPD PAN Sidoarjo H Imam Sugiri, Ketua DPD Golkar Sidoarjo Warih Andono, Ketua DPD PBB Sidoarjo Munawir Ansori, Wakil Sekretaris DPC PPP Sidoarjo Puji Witanto, Wakil Ketua DPC Nasdem Sidoarjo Totok Santoso dan sejumlah petinggi enam parpol itu. Sebenarnya DPC Partai Demokrat menyatakan akan bergabung dalam koalisi, namun belum datang dalam pertemuan.

BACA JUGA :  Jadi Tahanan Pengadilan, Sopir Vanessa Dipindahkan Ke Lapas Jombang

Tito Pradopo mengatakan, koalisi enam parpol ini terbentuk atas persamaan pemahaman untuk mencari pemimpin Sidoarjo yang pro rakyat. “Kita berharap koalisi parpol ini bisa mengantar pemimpin Sidoarjo yang lebih baik,” ujarnya.

Demikian pula Ketua DPD PAN Sidoarjo Imam Sugiri mengaku setelah terbentuknya koalisi enam parpol ini akan membuka pendaftaran cabup-cawabup. “Setelah kendaraan terbentuk baru membuka pendaftaran,” ujarnya.

BACA JUGA :  Dua Sepeda Motor Tabrakan di Depan SPBU Sidorejo Krian, Dua Orang Luka-luka

Koalisi enam parpol ini, membuka pintu selebar-lebarnya bagi kader parpol dan masyarakat untuk mendaftar. Nantinya pendaftar cabup-cawabup akan dipublikasikan untuk uji publik.

Uji publik dilakukan agar calon yang nantinya diusung benar-benar dikehendaki rakyat. “Pendaftaran akan dilakukan paling tidak sepekan kedepan,” jelas Imam Sugiri. (st-12)