SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Elektabilitas Naik, Nasdem Sidoarjo Menjadi Partai Paling Setia Dukung Ahmad Muhdlor

 

Nur Hendriati Ningsih Ketua DPD Nasdem Sidoarjo

(SIDOARJOterkini) — Lembaga Survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terkait elektabilitas partai politik (parpol) peserta Pemilu di Sidoarjo.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt mengungkapkan, dari survei yang dilakukan dari bulan Januari hingga April 2022 yang memuat peta pemilih dari partai politik terhadap kandidat calon Bupati Sidoarjo. Ada tiga nama yang disodorkan kepada para responden, diantaranya Bambang Haryo Soekartono (BHS), Ahmad Muhdlor Ali dan Hudiono.

BACA JUGA :  Rekatkan Silaturrahmi, PSHW-TM Ranting Balongbendo Gelar Lari Bersama

“Kalau dilihat dari peta pemilih dari PKB, 19,2 persen memilih BHS, dan Ahmad Muhdlor 69,1 persen. Dan yang menarik ini pemilih dari Partai NasDem 95,8 Memilih Gus Muhdlor,” terang Direktur ARCI Baihaki Sirajt di Sidoarjo, Rabu 18 Mei 2022.

Untuk Bambang Haryo Soekartono lanjut Baihaki, banyak pemilih dari partai Gerindra dan Golkar yang menjatuhkan pilihannya kepada pria yang populer dengan nama BHS.

Sementara Ahmad Muhdlor mendapat dukungan pemilih dari PKS yang mencapai 40,7 persen. Dan pemilih PAN lebih banyak mendukung Hudiono 41,2 persen.

BACA JUGA :  Air Sungai Meluap, Bupati Sidoarjo Siagakan BPBD dan Dinkes Bantu Warga Terdampak Banjir

Baihaki menambahkan dari survei ini dilakukan pada bulan Januari dan April 2022 dengan multistage random sampling elektabilitas NasDem naik, dari sebelumnya (Januari) 4,2 persen kini (April) meningkat 4,6 persen.

“Faktor meningkatnya elektabilitas partai Nasdem tersebut karena para pemilihnya masih setia mendukung Ahmad muhdlor,”katanya.

BACA JUGA :  Pendorong Gerobak Alami Luka Serius Usai Ditabrak Motor di Jalan Kemangsen Balongbendo

Survei ARCI dilakukan pada bulan Januari dan April 2022 dengan multistage random sampling dengan melibatkan 400 responden. Dengan margin of error sebesar 5%, dan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut hasil survei elektabilitas parpol di Sidoarjo

PKB 16,2 %
PDIP 12,7 %
Gerindra 11,9 %
Golkar 10,6 %
PAN 7,2 %
PKS 6,9 %
Nasdem 4,6 %
Demokrat 5,1 %
Gelora 1,2 %
Perindo 1,5 %
PPP 1,4 %
Hanura 1,9 %
Tidak menjawab/ tidak tahu 18,8 %

(cles)