SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Danrem 084/BJ Tinjau Lahan Pertanian Kodim 0816/Sidoarjo

 

(SIDOARJOterkini) – Danrem 084 / BJ Brigjen TNI Terry Tresna Purnama meninjau lahan pertanian Kodim 0816/Sidoarjo yang berlokasi di Desa Sawotratap RT 07 / 12 Kec. Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Sabtu 27 Agustus 2022.

Turut dalam peninjauan tersebut Ketua Persit Candra Kirana Korcab Rem 084, Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Masarum Djati Laksono, Kasdim 0816/Sidoarjo Mayor Chb Suprianto, Pasiter 0816/Sidoarjo Kapten Chb Kamsuri, WS Danramil 0816/17 Gedangan Letda Inf Nor Qomari dan Babinsa Sawotratap Koptu M. Rifa’i.

Danrem 084 /BJ Brigjen TNI Terry Tresna Purnama beserta Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Masarum Djati Laksono S.Sos. tiba di lokasi dan disambut oleh Kasdim 0816/Sidoarjo dilanjutkan menuju lokasi lahan Pertanian Kodim 0816/Sidoarjo. yang seluas 7 Ha, sekarang lahan tersebut ditanami Timun Mas.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Temui Warga, Bahas Pembebasan Makam Desa Waru yang Terdampak Frontage Road

Pada kesempatan tersebut Danrem 084/BJ menanyakan kepada Babinsa Sawotratap tentang sistem penanaman dan pengolahan lahan pertanian seluas 7 Hektar tersebut. Masa Produktif dalam satu tahun, tiga kali tanam, dua kali tanam padi, satu kali buah Timun Mas. bergantung pada cuaca. Kunjungan kerja dilaksanakan untuk meninjau kondisi pertanian di wilayah Sidoarjo sekaligus untuk menampung keluhan petani.

Alasan para petani menanam timun mas karena diyakini timun mas waktu panen dan penjualan lebih cepat dapat meningkatnya taraf hidup masyarakat saat ini, yang mulai memperhatikan pola hidup sehat melalui peningkatan konsumsi sayuran, menuntut ketersediaan produk berkualitas tinggi dan aman dikonsumsi. Di samping itu, perawatan tanaman timun mas sunrise lebih mudah. Tidak perlu banyak air untuk penyiraman sebab termasuk jenis tanaman tahan kekeringan.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Hadiri Konfercab Alumni GMNI 

Hal ini merupakan peluang pasar yang cukup besar sehingga menuntut adanya upaya peningkatan produksi dan mutu produk sayuran. Salah satu jenis sayuran yang diminati untuk dikonsumsi masyarakat adalah mentimun yang dapat dibudidayakan. Danrem 084/BJ bersama ibu didampingi oleh Dandim 0816/Sidoarjo dan Para Perwira lainnya ini tidak canggung turun ke sawah.

BACA JUGA :  Aksi Pencurian Kawanan Maling Mikrolet di Anggaswangi Sukodono Digagalkan, 1 Pelaku Diamankan

Dandim 0816/Sidoarjo menyampaikan, selaku aparat teritorial harus selalu siap dalam membantu perekonomian masyarakat dan memberdayakan wilayah sehingga bisa membantu peningkatan ekonomi masyarakat, memberdayakan wilayah untuk bercocok tanam sesuai dengan ketersediaan lahan yang ada.

“Sehingga ekonomi kerakyatan bisa berkembang.” Jelas Letkol Inf Masarum Djati Laksono.

““Kita optimalkan lahan-lahan yang ada, baik untuk pertanian atau peternakan yang ada di wilayah Sidoarjo ini.”pungkasnya.(cles)