SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Buruh Pabrik Rokok di Kecamatan Jabon Dapatkan Pelatihan Ketrampilan Kerja dari DBHCT

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat membuka pelatihan kerja bagi buruh pabrik rokok di kantor kecamatan Jabon

(SIDOARJOterkini) – Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo terus  menggelar berbagai pelatihan kerja untuk masyarakat, sebagai upaya untuk mewujudkan program prioritas bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo menciptakan 100 ribu lapangan kerja baru.

Di kecamatan Jabon, pelatihan Ketrampilan pemijatan bayi, pastry, SPA refleksiologi, perawatan kulit yang dibiayai dari anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Sidoarjo diikuti oleh para pekerja pabrik rokok.

“Anggaran yang dikeluarkan untuk pelatihan ini sangat besar, untuk itu kepada para peserta pelatihan harus serius mengikutinya,”ungkap Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat membuka pelatihan kerja yang digelar di kantor kecamatan Jabon, Selasa 27 Oktober 2021.

BACA JUGA :  Kapolresta Sidoarjo Rilis Penangkapan Tersangka Narkoba Masuk Sungai
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor didampingi Kepala Disnaker Sidoarjo Feny Apridawati saat menyerahkan materi pelatihan kepada peserta

Dikatakan Muhdlor, biaya yang dikeluarkan untuk setiap peserta hingga lulus kompetensi mencapai Rp 1,5 juta, untuk itu peserta harus serius mengikuti pelatihan tersebut.

“Usai menjalani pelatihan, semua peserta harus langsung mempraktekkan apa yang sudah didapat dari pelatihan ini,”ujarnya.

BACA JUGA :  Kapolresta Sidoarjo Pimpin Sertijab Kasat Tahti dan Kapolsek Krian

Dirinya berharap dengan diadakannya pelatihan kerja, angka pengangguran akan berkurang. Kompetensi warga Sidoarjo harus mengalami peningkatan dan mempunyai daya saing tinggi.

“Saat ini angka pengangguran di Sidoarjo masih tinggi, mencapai 10,98 persen,”ucapnya.

Terkait akan dibangunnya kawasan industri baru di Desa Kalisogo Jabon, Bupati Muhdlor mengatakan, Warga Kecamatan Jabon harus menjadi prioritas untuk dapat bekerja di kawasan industri tersebut.

BACA JUGA :  Bertemu PMII, Bupati Sidoarjo: Harus Jadi Agen Lawan Intoleransi

“Besok ada MoU sekian persen warga Jabon dan dua kecamatan sekitar untuk dipekerjakan, saya tidak ingin kalau ada pabrik di Jabon, orang Jabon cuma jadi penonton, harus ikut andil, harus ikut membangun, yang penting tidak boleh seenaknya sendiri,”tandasnya. (cles)