SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pojok Desa

Bom Peninggalan Belanda Ditemukan Pencari Ikan di Kali Mas Kedung Sukodani  Balongbendo

 

(SIDOARJOterkini) – Warga Kedung Sukodani digegerkan dengan penemuan sebuah bom jenis mortir yang diduga sisa perang kemerdekaan. Bom tersebut ditemukan oleh pencari ikan di pinggir sungai Mas Dusun Pulo lancing Rt.15 Rw. 05 Desa Kedungsukodani Balongbendo Sidoarjo, Senin 01 November 2021.

Informasi yang dihimpun SIDOARJOterkini.com menyebutkan, Bom jenis Mortir tersebut pertama kali ditemukan oleh Bambang Irawan (45) warga Dsn. Pulo lancing, Rt. 15/05 Ds. Kedung sukodani Kec. Balongbendo, yang sekitar pukul 07.00 WIB itu sedang menjala ikan di Sungai Mas bersama rekannya Sukarji (41) warga Dsn. Pulo lancing Rt. 25/05 Ds. Kedung sukodani Kec. Balongbendo.

“Saat yang bersangkutan sedang mengangkat jala, selain mendapat ikan ternyata juga mendapati sebuah besi yang berbentuk kapsul besar,”ungkap salah satu warga.

BACA JUGA :  Diskominfo Sidoarjo Gandeng Insan Pers Cegah Peredaran Rokok Ilegal
BACA JUGA :  PDM dan PDA Sidoarjo Gelar Makan Gratis Tebas Dagangan PKL Pada Milad Muhammadiyah Ke-109

Karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan, Bambangpun melaporkan hal tersebut ke perangkat desa yang kemudian diteruskan ke Polsek Balongbendo.

Kanit Reskrim Polsek Balongbendo Iptu Imam Turmudzi mengatakan, usai menerima laporan tentang penemuan bom tersebut, pihaknya langsung menindaklanjuti dengan mendatangi dan mengamankan lokasi dengan memasang garis polisi.

“Kita amankan daerah sekitar lokasi agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dengan memasang garis polisi dan menyiagakan anggota di sekitar lokasi,”tegasnya.

BACA JUGA :  Kejurkab Pencak Silat Remaja Piala Bupati dan Kapolresta Sidoarjo Usai, PSHT Raih Juara Umum 

Selanjutnya ucap Imam, pihaknya berkoordinasi dengan pihak Jihandak Gegana terkait penemuan bom tersebut, untuk identifikasi dan evakuasi.

“Saat ini sedang dilakukan identifikasi dan proses evakuasi oleh tim Jihandak Gegana,”pungkasnya.(cles)