SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Boleh Mudik Bareng, Dewan Ingatkan Pemkab untuk Lakukan Cek Kendaraan

 

 

(SIDOARJOterkini) -Diperbolehkannya mudik oleh pemerintah diharapkan disikapi dengan tepat oleh Pemkab Sidoarjo. Salah satunya terkait keselamatan pemudik. Kelayakan kendaraan harus jadi prioritas agar kegiatan pulang kampung menjadi aman.
Termasuk kegiatan mudik bareng yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Sidoarjo. Bus yang disiapkan juga harus layak jalan dan aman.

Sudjalil Anggota Komisi B DPRD Sidoarjo

Anggota Komisi B DPRD Sidoarjo Sudjalil meminta pemkab untuk memfasilitasi pengecekan kendaraan. Hal tersebut sangat penting terkait dengan keselamatan pemudik. Mengingat sudah 2 tahun lebih jasa transportasi mengalami kendala operasional akibat pandemi.

Tentunya adanya kendala operasional akibat pandemi berdampak pada berkurangnya layanan transportasi.
“Termasuk minimnya maintenance dan perawatan moda transportasi,” ujarnya.

Menurut dia, pemerintah harus pro aktif untuk mengecek kondisi moda transportasi yang digunakan untuk mudik. Baik pengecekan kesehatan kendaraan, juga kesesuaian antara KIR dengan faktual di lapangan. Sehingga bisa dipastikan layak atau tidak layaknya kendaraan tersebut beroperasi.

Dengan begitu, pemerintah memberikan jaminan kepada masyarakat. Bahwa layanan transportasi yang ada aman untuk digunakan mudik. “Pemudik pun bisa pulang kampung dengan aman dan nyaman” imbuhnya.

BACA JUGA :  Kasus Pungli PTSL yang Menjerat Kades Suko Sukodono dan 3 Perangkatnya Segera Disidangkan
Usman Ketua DPRD Sidoarjo

Ketua DPRD Sidoarjo Usman juga berharap pelaksanaan mudik di Sidoarjo berlangsung aman dan nyaman. Apalagi mudik yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Sidoarjo.
“Kondisi bus harus dipastikan layak pakai dan tidak membahayakan,” jelasnya.

Menurutnya, Dishub harus rajin mengimbau pemilik PO bus untuk aktif dalam melakukan pengecekan kendaraan. Apalagi diprediksi ada peningkatan arus mudik yang dilakukan oleh masyakat. Penggunaan kendaraan umum juga harus menjadi fasilitas yang aman agar banyak dipilih masyarakat.
“Pastikan rem, ban dan mesin bus dan kendaraan pribadi aman,” terangnya

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/06 Tanggulangin Monitoring Penetapan DPS Pilkades Penatarsewu

Sementara itu, selain kelayakan kendaraan masyarakat yang mudik harus memperhatikan protokol kesehatan (pokes) yang ketat. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sidoarjo Emir Firdaus mengingatkan masyarakat yang akan mudik agar selalu menjaga keselamatan selama di jalan. Serta tetap mematuhi prokes.

Emir Firdaus Wakil Ketua DPRD Sidoarjo

Dia mengingatkan masyarakat yang mudik Lebaran baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum agar tetap menjaga keselamatan selama di jalan. “Tidak perlu terburu-buru, dan tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas serta menjaga prokes,” ujarnya.

BACA JUGA :  Dua Motor Tabrakan di Jalan Singkalan Balongbendo, 1 Pengendara Luka Serius

Emir juga menekankan kepada para pemudik agar berhati-hati jika melintasi titik jalur rawan macet. Menurut dia, tahun ini jumlah pemudik diprediksi akan meningkat. Sebab, selama 2 tahun terakhir masyarakat tidak pernah mudik dikarenakan adanya larangan dari pemerintah akibat pandemi Covid-19.

Untuk itu, momen mudik tahun ini menjadi ajang untuk melepas rindu dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman. Dia juga berpesan kepada masyarakat agar jangan lagi cemas ataupun takut untuk berkumpul dan beraktifitas di luar rumah.

Hal ini dikarenakan, sebagian besar masyarakat sudah mendapatkan suntik vaksin dosis 1 dan 2. Bahkan menjelang Lebaran mulai digencarkan vaksin booster. (adv/st18)