SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Babinsa Koramil 0816/05 Tulangan Hadiri Pembentukan PATBM Desa Gelang

 

 

(SIDOARJOterkini) – Anggota Koramil 0816/05  Babinsa Kelurahan Gelang Pelda Marjuki hadiri Pembentukan PATBM (Perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat) di balai desa Gelang, Kec. Tulangan, Senin 12 September 2022.

Pelda Marjuki mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mencegah kekerasan terhadap anak, perlu tersosialisasikannya norma-norma positif anti kekerasan terhadap anak, terbangunnya sistem dukungan serta pengendalian pada tingkat komunitas dan keluarga serta meningkatnya keterampilan hidup dan ketahanan diri anak.

“Dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat paham tentang pencegahan kekerasan terhadap anak,”ungkapnya.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Bersama Deltamania Gelar  Doa Bersama Untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Dijelaskannya, sosialisasi dilaksanakan dengan mengacu pada kemampuan masyarakat untuk mendeteksi dini anak-anak korban kekerasan, tersedia layanan untuk menerima laporan dan juga dapat membantu anak korban segera mendapatkan pertolongan, wujud terbangunnya jejaring kerja dengan berbagai lembaga pelayanan yang berkualitas dan mudah dijangkau untuk mengatasi korban maupun pelaku serta menangani anak dalam resiko

Lebih lanjut dikatakan Pelda Marjuki, sosialisasi dilaksanakan juga untuk melakukan pencegahan dan respon cepat terjadinya kekerasan terhadap anak di tingkat desa/kelurahan sebagai ujung tombak untuk melakukan upaya – upaya pencegahan dengan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan perilaku untuk memberikan perlindungan kepada anak.

BACA JUGA :  Tim Research SMA Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo Borong 4 Juara Internasional di Malaysia

“Mudah Mudahan dengan semangat untuk melindungi anak Mulai dari Unsur Pemerintahan di Desa Gelang dan Seluruh Masyarakat serta aktifis PATBM akan dapat mewujudkan Desa Gelang yang Layak Anak,”tandasnya.

BACA JUGA :  Danramill 0816/06 Tanggulangin Bersama Forkopimka Peringati HUT TNI Ke - 77

Hadir dalam kegiatan antara lain Ketua Komisi A. DPRD Sidoarjo Dhamroni Khudlori, Dinas kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kabupaten Sidoarjo Evi Rupitasari, Kepala Desa Gelang Dedi Dwi Nugroho dengan Narasumber Dwi Rika Imayanti.(cles)