SIDOARJO TERKINI
Hukum & Kriminal Indeks Kodim 0816 Sidoarjo Pendidikan & Kesehatan

Babinsa Koramil 0816/05 Tulangan Dampingi Kegiatan Posyandu Balita Desa Kebaron

 

(SIDOARJOterkini) – Babinsa Koramil 0816/05 Tulangan melakukan pendampingan Kegiatan Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) balita yang digelar di Pos Kesehatan Desa (PKD) Kebaron, Senin 16 Januari 2023.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh bidan desa beserta kader Posyandu tersebut, untuk melakukan pemeriksaan secara rutin kesehatan ibu hamil dan pasca melahirkan serta balita.

BACA JUGA :  Melalui Program Babinsa Masuk Sekolah, Koramil 0816/05 Tulangan Beri Pembinaan Wasbang dan PBB di SMK Persatuan

“Pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk mendeteksi sejak dini penyakit yang diderita baik oleh ibu hamil, pasca melahirkan maupun balita,”ungkap Fenny Bidan Desa Kebaron.

Selain itu, lanjut Fenny pemeriksaan kesehatan di Posyandu merupakan upaya untuk menekan angka kematian ibu hamil dan balita karena penyakit tertentu, serta pencegahan stunting

“Dengan pemeriksaan secara berkala angka kematian pada ibu dan bayi serta kasus Stunting bisa ditekan,”ujarnya.

BACA JUGA :  Peringati Harjasda Ke-164, Bupati Sidoarjo Bersama Habaib dan Ribuan Jama'ah Majelis Dzikir Al-Khidmah Gelar Doa

Sementara itu Babinsa Kebaron Serma Edi menjelaskan, keberadaan Posyandu sangat membantu warga desa dalam pemeriksaan kesehatan utamanya ibu hamil dan balita.

“Dengan begitu kondisi kesehatan ibu dan bayi akan bisa terpantau oleh petugas kesehatan,”ujarnya.

BACA JUGA :  Pagelaran Wayang Kulit Lakon Pandowo Krido Dalang Ki Cahyo Kuntadi Meriahkan Peringatan Hari Jadi Sidoarjo ke 164

Ditambahkannya, pelayanan kesehatan yang merupakan kebutuhan dasar dari masyarakat bisa terlayani dengan baik di Posyandu maupun Puskesmas.

“Selaku Babinsa Kami terus memberikan himbauan kepada warga agar secara rutin memeriksakan kesehatannya di Posyandu maupun Puskesmas,”tandasnya. (cles)