SIDOARJO TERKINI
Ekbis Headline Indeks Politik & Pemerintahan Profil

Rivan A. Purwantono Dan Transformasi KB Bukopin

 

 

(SIDOARJOterkini) – Rivan A purwantono merupakan salah satu sosok pemimpin transformasional dalam sejarah Bank Bukopin yang kini telah resmi berganti nama menjadi Bank KB Bukopin. Melalui tangan dingin Rivan, Bank KB Bukopin berhasil terlepas dari gejolak permasalahan likuiditas hingga isu negative yang menyebabkan terjadinya penarikan dana besar-besaran oleh nasabah.

“Saya sangat memahami dan berupaya berempati terhadap nasabah saat itu, saya buktikan dengan secara langsung untuk menemui dan memberikan klarifikasi terkait permasalahan yang sedang kami alami saat itu. Hal ini saya lakukan tidak hanya ke nasabah, namun juga ke regulator, media dan seluruh stakeholder bank KB Bukopin” ujar Rivan, di Jakarta Senin 08 Maret 2021.

Masuknya KB Kookmin Bank sebagai PSP tentunya menuntut Rivan untuk terus berkomitmen meningkatkan Corporate Value KB Bukopin.

”Sejak September 2020, kami berupaya untuk melakukan sinergi melalui serangkaian upaya transformasi untuk melahirkan New Bukopin dan mewujudkan misi kami menjadi Top ten Bank di Indonesia,”ucapnya.

Peningkatan Corporate Value Bank KB Bukopin berhasil dibuktikan Rivan melalui peningkatan harga saham Bank KB Bukopin yang menunjukkan performa yang cukup outperform.

BACA JUGA :  Kapolda Jatim Imbau Disiplin Protokol Kesehatan Dipatuhi Saat Libur Lebaran

“Harga saham Bank KB Bukopin sempat terpuruk di Rp 98 hingga kini harga saham kami berhasil melesat di Rp 500. Apabila dilihat dari tren pergerakannya, Saham KB Bukopin memiliki pergerakan yang serupa dengan top five saham. Jika dilihat dari pergerakan saham ini tentunya secara fundamental KB Bukopin memiliki performa yang cukup baik.” ungkap Rivan.

Keberhasilan kepemimpinan Rivan Achmad Purwantono dalam meningkatkan corporate Value Bank KB Bukopin tentunya berkat pengalaman yang cukup Panjang di dunia perbankan. Hampir 15 tahun, Rivan telah bergabung di Bank KB Bukopin dengan pengalaman di berbagai posisi sehingga tahu betul hulu hilir Bank KB Bukopin, inilah yang juga menjadi modal untuk menjalankan roda kepemimpinannya saat ini.

Sebelum masuk menjadi dirut Bank KB Bukopin, Rivan sempat dipercaya menjadi Direktur Keuangan PT. KAI, jauh sebelum itu, Rivan bukan orang baru di KB Bukopin. Rivan mulai merintis kariernya di Bukopin pada tahun 2006 sebagai private banking group head. Pada posisi ini Rivan banyak meletakan pondasi-pondasi consumer banking di Bank KB Bukopin. Setelah itu, ia juga pernah memegang jabatan General Manager Pengembangan Bisnis, General Manager Bisnis Konsumer, hingga terakhir Direktur Konsumer.

BACA JUGA :  Dua Sepeda Motor Tabrakan di Jalan Wonokupang Balongbendo, Pegendara Alami Luka Serius

Pada banyak kesempatan, Rivan berkali-kali menegaskan tentang moto hidupnya, “Jangan pernah menyerah, kecuali kita ingin kalah, karena masalah dalam hidup bukan untuk dihindari, tetapi untuk dihadapi dan dijalani.” Moto hidup inilah yang membuat RIvan merasa harus terus bergerak, beriinovasi untuk membuat perusahaan yang dinahkodainya tetap eksis.

PT Bank KB Bukopin Tbk (“Bank Bukopin”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dengan nama Bank Umum Koperasi Indonesia, Bank Bukopin tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2006 dengan kode emiten BBKP.

Bank KB Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Konsumer dan UKM serta didukung oleh segmen Komersial. Sesuai dengan misi “Memahami dan Memberi Solusi kepada Nasabah”.

BACA JUGA :  Masyarakat Patuhi Aturan, Malam Takbir Idul Fitri di Sidoarjo Kondusif

Bank KB Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabah dengan melakukan modernisasi infrastruktur TI serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital seperti aplikasi Bukopin Mobile dan aplikasi perbankan digital Wokee.

Per 30 Desember 2020, saham Bank Bukopin dimiliki oleh KB Kookmin Bank 67%. PT Bosowa Corporindo 11,68%, Negara Republik Indonesia 3,18% dan masyarakat mencapai 18,14%. Pada 23 Februari 2021, setelah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK, mengumumkan perubahan nama dari PT. Bank Bukopin, Tbk. menjadi PT. Bank KB Bukopin, Tbk. (KB Bukopin) dengan tag line baru “ Bersama, Kita Bintang Finansialnya.”

Bank KB Bukopin beroperasi di 24 provinsi, dengan 43 kantor cabang utama, 175 kantor cabang pembantu, 162 kantor kas, 9 Kantor Fungsional, 25 Payment Point, dan 834 unit ATM, serta tergabung dalam jaringan ATM Prima dan ATM Bersama.(st-12/cles)