SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Proyek 4 Ruas Jalan Beton di Sidoarjo Mulai Dikebut Pengerjaannya 

 

(SIDOARJOterkini) – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) mulai kebut proyek betonisasi dibeberapa ruas jalan kabupaten. Ada 4 ruas jalan kabupaten yang tersebar di 4 kecamatan yang pengerjaannya dimulai bulan April ini.

Ke 4 ruas jalan kabupaten itu, yakni Jalan Pawindo – Jatikalang kecamatan Krian, kemudian jalan Wonoayu – Candinegoro kecamatan Wonoayu. Jalan Krembung – Kepadangan kecamatan Krembung dan jalan Panjunan – Suko desa Masangan Kulon, kecamatan Sukodono.

“Untuk jalan Panjunan-Suko di desa Masangan Kulo kecamatan Sukodono sudah mulai pembangunan drainase,” kata Gus Muhdlor, di Pendopo Delta Wibawa.Selasa, 05 April 2022.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Hadiri Pelantikan PAC Fatayat NU

Di Desa Masangan Kulon, jalan kabupaten yang dibeton tahun ini total panjangnya 2,25 Km. Sesuai dengan instruksi Bupati Sidoarjo, Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air (PU BM SDA) dalam membuat perencanaannya untuk proyek betonisasi jalan terlebih dulu dibangun saluran air atau drainase.

Karena rusaknya jalan kabupaten selama ini disebabkan tidak adanya drainase.

BACA JUGA :  Kanwil Kemenkumham Jatim Apresiasi Perhatian Kak Seto Kepada Warga Binaan Rutan Perempuan yang Baru Melahirkan

“Penyebab jalan sering rusak karena tidak adanya drainas, oleh sebab itu sebelum dibeton terlebih dulu dibangun drainasenya,” ujar Gus Muhdlor.

Proyek betonisasi jalan di desa Masangan Kulo selain menggunakan anggaran APBD juga menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat. Betonisasi yang menggunakan APBD total panjang jalannya 556 meter. Sedangkan yang menggunakan anggaran DAK total panjangnya 1.700 meter.

BACA JUGA :  Cetak Perempuan Mandiri, Bupati Sidoarjo Berikan Bantuan Modal Kepada 1.891 Kelompok Usaha

“Pembangunan ruas jalan Panjunan-Suko yang menggunakan dana APBD target selesainya bulan Juli mendatang. Sedangkan yang menggunakan anggaran DAK target selesainya bulan September mendatang,” terang Dwi

Untuk tiga ruas yang lain, lanjut Dwi, pada bulan April ini akan segera dikerjakan karena sudah selesai proses lelang dan pemenangnya sudah ada.

“Tahun 2022 ini, total keseluruhan jalan kabupaten yang dibeton panjangnya kurang lebih 21 km,” pungkas Dwi. (cles).