SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Anton Medan Beri Siraman Rohani Napi Lapas Sidoarjo

image

Ustadz Anton Medan saat menyampaikan tausiyahnya di hadapan Napi Lapas Sidoarjo.

(SIDOARJOterkini)- Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sidoarjo mendapat kunjungan istimewa, jumat (3/7/2015) siang. Anton Medan, mantan narapidana yang kini menjadi pendakwah memberi tausiah kepada narapidana.

Dengan didampingi pengurus DPW Persatuan Iman Tauhid Indonesia (PITI) Jawa Timur, Anton Medan memberi siraman rohani lebih dari satu jam. Tentu saja, ratusan narapidana sangat antusias mendengarkan wejangan orang yang dulunya pernah di penjara itu.

Gelak tawa dan tepuk tangan menggema ketika Anton Medan mulai bercerita pengalamannya sekaligus wejangan ajaran Islam. Anton Medan memang memberikan ceramah yang bernada canda sehingga banyak mengundang gelak tawa. “Ketika berada di penjara, jalani dengan ikhlas dan berbuatlah baik,” tuturnya.

Bukan hanya itu, Anton Medan juga berjanji akan menyuarakan aspirasi napi agar penanganan napi bisa lebih baik lagi. Hal itu juga diungkapkan kepada Kalapas Sidoarjo Suherman.

BACA JUGA :  Satgas TMMD Kodim 0816 Sidoarjo Bersama Dinsos Provinsi Jatim Salurkan Bantuan Sembako Pada Warga Rejeni

Di kalangan Napi, Anton Medan bukan orang baru. Dia pernah menghuni penjara selama 18 tahun mulai kejahatan pembunuhan sampai perampokan. Pembunuhan yang dilakukan saat dirinya menginjak 12 tahun, saat bekerja sebagai pencuci kendaraan. Dompetnya diambil paksa preman, “itupun saya masih dipukuli, diludahi dikatain cina segala,” ujarnya.

BACA JUGA :  Peringati Kemerdekaan RI ke 77, PWI Sidoarjo Dan Alfamart Gelar Baksos Untuk Veteran

Emosinya meledak tanpa pikir panjang Anton kecil ini memungut gergaji es yang langsung dihantamkan ke preman. Preman itu mati di tangannya karena terpaksa. “Saya kira teman-teman disini karena terpaksa,” ujarnya yang mendapat applaus dari ratusan napi.

Selain ke Lapas Sidoarjo, Anton Medan juga mendatangi ke LP Lowok Waru, Malang dan LP Porong. Kunjungan ini untuk memastikan jumlah Napi yang jumlahnya yang tidak sebanding dengan kapasitas ruangan sehingga menimbulkan problem ketidakpuasan warga binaan.

BACA JUGA :  Deltras Sidoarjo Resmi Launching Jersey dan Skuad Tim Liga 2

Anton menambahkan, ketidakpuasan napi yang menyebabkan muncul kerusuhan. Pemerintah perlu membangun LP baru untuk mengatasi permasalahan overloadnya napi.

Sementara itu, Ketua DPW PITI Jatim Edwin Suryalaksana mengatakan, kedatangan pengurus PITI dan Anton Medan merupakan rangkaian safari ramadan. Hampir tiap bulan ramadan PITI Jatim mengadakan kegiatan di Lapas bersama Anton Medan yang merupakan Ketua Umum DPP PITI.(st-12)