SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Ekspor Tanaman Hias Melalui PT USU, Umsida Berharap Jadi Ceruk Ekonomi Baru Bagi Masyarakat Sidoarjo 

 

TEKS FOTO :
Sekum PP Muhammadiyah Prof Dr Abdul Mu’thi Med menandatangani prasasti pendirian gedung PT USU, unit bisnis Umsida, Selasa (10/5/2022)

(SIDOARJOterkini) – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berupaya menambah unit bisnis. Yakni dengan mendirikan PT Umsida Sinergi Utama (USU) yang dilaunching secara resmi di Auditorium KH Ahmad Dahlan, Kampus 1 Umsida, Jl Mojopahit, Selasa 10 Mei 2022.

Peluncuran PT USU ini dibarengi dengan melakukan ekspor perdana 2500 tanaman hias jenis Calladium ke Houston, Amerika Serikat. Launching unit usaha Umsida ini digelar di sela acara Halal Bi Halal karyawan, dosen dan tenaga kependidikan Umsida.

Menurut Direktur PT USU, Hasan Ubaidillah, pendirian PT USU merupakan bentuk inisiasi dari peningkatan usaha komersial sekaligus diharapkan bisa menjadi pilar ekonomi baru secara internal di Umsida. Sehingga, pelayanan Umsida ke masyarakat lebih baik, tidak hanya di bidang pendidikan.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Dampingi Penyaluran BLT-DD Mojorengagung

“Tetapi secara eksternal dengan ekspor ini, Umsida berharap ini menjadi ceruk ekonomi baru yang bisa dikontribusikan oleh Umsida kepada masyarakat secara luas terutama masyarakat Sidoarjo,” cetusnya.

Ubaidillah menambahkan, salah satu bentuk dukungan perekonomian yang diberikan Umsida melalui PT USU, adalah pengembangan tanaman hias kualitas ekspor yang diharapkan bisa menambah pendapatan masyarakat khususnya bagi mereka yang kurang mampu.

TEKS FOTO : simbolis pelepasan ekspor perdana tanaman hias saat launching PT USU, di Kampus 1 Umsida, Selasa (10/5/2022).

“Insyaallah Umsida melalui budidaya tanaman hias ini menjadi perguruan tinggi Muhammadiyah yang concern ekspor tanaman hias dan mengembangkan perekonomian rakyat,” tandas Ubaidillah yang juga Direktur Pengembangan Bisnis dan Investasi Umsida ini.

BACA JUGA :  Ribuan Guru dan Anak PAUD Se-Sidoarjo Peringati HAN 2022

Launching PT USU ini dihadiri diantaranya Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’thi,
Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim KH M Saad Ibrahim, Asisten Administrasi Umum Setda Pemprov Jatim Sjaichul Ghulam dan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor.

Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor Umsida Dr Hidayatulloh MSi mengatakan, pengembangan di bidang non akademik Umsida diantaranya dengan mendirikan unit bisnis berupa PT USU.

Ia menambahkan, Umsida saat ini telah mengembangkan beberapa unit bisnis. Diantaranya Surya Mart, Umsida Kuliner, layanan konsultasi psikologi, layanan fisioterapi, klinik kesehatan, lembaga sertifikasi profesi, dan agribisnis dengan tiga fokus utama yaitu fokus tanaman hias dan kultur jaringan.

BACA JUGA :  Cetak Perempuan Mandiri, Bupati Sidoarjo Berikan Bantuan Modal Kepada 1.891 Kelompok Usaha

Dalam kesempatan ini, Bupati Muhdlor memberikan apresiasi atas dilaunchingnya PT USU yang menjadi unit bisnis baru Umsida. Menurutnya, apa yang dilakukan Umsida seperti ini akan membantu pemerintah dalam pemulihan perekonomian di kala pandemi Covid-19.

Gus Muhdlor pun menyambut baik langkah Umsida dalam meningkatkan perekonomian yang mengalami perubahan. Umsida tidak hanya menyasar kegiatan jual beli pasar domestik namun juga pasar ekspor. (cles)