SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Politik & Pemerintahan

Wakasal Pantau Langsung Latihan Perang Kota Korps Marinir di Sidoarjo

 

(SIDOARJOterkini) – Latihan Pertempuran Kota Korps Marinir Tahun 2021 digelar di gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Sidoarjo, Sabtu 06 November 2021.

Latihan perang kota tersebut melibatkan 850 personil dan kendaraan tank Korps Marinir BMP 3 F, LVT 7 BTR 50 dan meriam Howtzer 105 Artileri Medan. Para personil tersebut terbagi menjadi 3 yaitu isolasi sasaran (Penyekatan), penguasaan pancangan kaki atau penempatan senjata bantuan (Senban) Armed dan Mortir, serta serangan ke dalam kota dan pembersihan.

Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmad Hari Purwono S.E. ,M.M. dengan didampingi Komandan Korps Marinir Mayjend TNI (Mar) Suhartono, yang memantau langsung pelaksanaan latihan pertempuran kota Korps Marinir Tahun 2021, menyampaikan latihan Perang kota merupakan kegiatan terencanakan yang dilakukan oleh kesatuan angkatan laut.

BACA JUGA :  Revitalisasi Fungsi Sungai, Pemkab Sidoarjo Luncurkan Sidoresik

“Tujuannya sebagai pembuktian kita tetap membangun profesional prajurit,”ungkapnya.

Dijelaskan Wakasal, Latihan Perang Kota merupakan bentuk loyalitas TNI AL kepada negara bangsa untuk menyiapkan pasukan Apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Pasukan harus selalu siap apabila dibutuhkan oleh negara dan bangsa,”ucapnya.

BACA JUGA :  Peringati Hari Aids Sedunia, Rutan Gresik Gelar Skrining HIV & AIDS Bagi Warga Binaan

Latihan diawali dengan penyusupan cara infiltrasi dengan senyap ke daerah musuh secara rahasia yang dilakukan Sejumlah prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir (Yon Taifib 2 Mar) melalui media udara dengan terjun tempur ke sasaran.

Selanjutnya dilakukanlah pelumpuhan instalasi komunikasi musuh serta menempatkan 1 tim Sniper Taifib untuk melimpahkan penjagaan dan Sniper musuh.

Saat itulah 1 Peleton Lintas Helly melaksanakan fast rope untuk menguasai lantai 2 dari pintu timur dan mengevakuasi warga sipil dan beberapa tokoh penting. Kemudian unsur peleton Tank mulai bergerak menghancurkan kubu-kubu dan Seban Musuh, Baterai Alteleri Medan memberikan bantuan tembakan granat asap untuk melindungi pasukan bermanuver.

BACA JUGA :  Kapolresta Sidoarjo Pimpin Sertijab Kasat Tahti dan Kapolsek Krian

Batalyon infanteri 1 Marinir menguasai sasaran di dalam kota dengan sistematis dari gedung ke gedung merebut dan menguasai lantai dasar, bersamaan itu tim Taifib menyusup dengan menyamar sebagai nelayan.

Selama latihan pertempuran kota tetap mengutamakan protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak antar perorangan. (boy/cles)