SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pendidikan & Kesehatan

Sukseskan TMMD Ke-114, TNI dan EDC Sidoarjo Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis

 

(SIDOARJOterkini) – Satgas TMMD Kodim 0816 Sidoarjo menggelar bakti sosial operasi Katarak bagi warga Rejeni Kecamatan Krembung yang dilaksanakan di Klinik Mata EDC Sepanjang Kecamatan Taman Sidoarjo, Rabu 10 Agustus 2022.

Sebelum dilakukan operasi, petugas klinik EDC Sepanjang Taman melakukan screening mata untuk memastikan kelayakan pasien yang akan dioperasi. Ada 8 pasien yang memenuhi syarat untuk dilakukan operasi katarak.

Katarak adalah salah satu penyebab kebutaan yang banyak terjadi di Indonesia. Penyebabnya karena ada kekeruhan warna putih di lensa mata. Keluhan yang timbul adalah mata mulai buram dan timbul gangguan penglihatan yang makin lama makin parah sehingga menimbulkan kebutaan. Katarak bisa terjadi pada setiap orang terutama diusia usia yang mulai menua atau degeneratif. Katarak bisa diobati dan disembuhkan, salah satunya dengan operasi.

Dr Erry Dewanto, SpM petugas kesehatan Klinik EDC Sepanjang berharap, dengan adanya operasi ini maka timbul secercah terang serta pasien dapat menjadi lebih baik penglihatannya dan dapat bekerja secara produktif. Keluarga yang selalu mendampingipun bisa bekerja dan menghasilkan lebih baik lagi.

BACA JUGA :  Danramill 0816/06 Tanggulangin Bersama Forkopimka Peringati HUT TNI Ke - 77
BACA JUGA :  Dirgahayu TNI ke 77, Bupati Sidoarjo: TNI Milik Rakyat, TNI Adalah Kita

“Negeri ini bisa membangun menjadi lebih besar, Semoga semakin banyak kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, dan kedepannya penderita katarak semakin berkurang” ungkapnya.

Sementara itu di tempat terpisah Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Masarum Djati Laksono mengatakan, Baksos operasi Katarak yang digelar merupakan rangkaian program TMMD ke 114 Kodim 0816/Sidoarjo, sebagai wujud kepedulian sosial TNI terhadap sesama untuk kemanunggalan TNI dengan rakyat.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Bersama Deltamania Gelar  Doa Bersama Untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

“Kita berharap seluruh pasien bisa kita fasilitasi dengan aman, lancar dan selamat,”tegasnya.(cles)