SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pilbup Sidoarjo 2020 Politik & Pemerintahan

Pilkada Sidoarjo, Kyai NU Minta SUCI Tahap 2 Dilanjutkan

image
Ketua Rois Syuriah NU Sidoarjo KH Rofik Sirodj

Gus Rofik: Yang Baik Ayo Diteruskan

SIDOARJO- Berbeda dengan keinginan PKB agar yang mendampingi Saiful Ilah maju Pilkada Sidoarjo adalah kader muda. Kebanyakan Kyai NU Sidoarjo berharap agar Saiful Ilah tetap maju bersama HMG. Hadi Sutjipto.

Ketua Rois Syuriah NU Sidoarjo KH Rofik Sirodj mengatakan, kalangan NU Sidoarjo lebih sepakat jika Saiful Ilah dan HMG. Hadi Sutjipto (SUCI) dilanjutkan. “Kalau saat ini kepemimpinan SUCI baik tentunya harus dilanjutkan,” ujarnya, Jumat (8/5/2015)

Kyai yang akrab disapa Gus Rofik ini menambahkan, setiap akan ada gawe besar seperti Pilkada, dia selalu bersilaturahmi ke kyai-kyai. Baik kyai NU yang duduk di kepengurusan PCNU maupun tidak.

BACA JUGA :  Berawal Hubungan Kerja, Pria Sukodono Nikahi Bule Australia

Bukan hanya itu, Gus Rofik juga menyaring aspirasi dari birokrat yang selama ini dipimpin SUCI. “Saya sudah bertemu dengan kyai-kyai, diantaranya KH Sholeh Kosim, dan beliau-beliau sepakat SUCI tahap II diteruskan,” jelasnya.

Tolak ukur kenapa Saiful Ilah dan Hadi Sutjipto harus bersama lagi maju Pilkada Sidoarjo?, menurut Gus Rofik bukan hanya berdasarkab ikhtiar kyai saja. Namun, evaluasi selama lima tahun Sidoarjo dipimpin SUCI.

Selama ini tidak ada masalah terkait kebijakan ataupun keuangan. “Selama ini LPJ bupati tidak ada masalah, jadi sudah seharusnya jika diteruskan,” tambah Gus Rofik.

BACA JUGA :  Kades Suko Sukodono Resmi Ditetapkan Tersangka Pungli PTSL Oleh Kejari Sidoarjo

Alasan lain, kenapa Hadi Sutjipto harus mendampingi Saiful Ilah, karena selain mantan birokrat, Hadi Sutjipto juga paham terkait birokrasi. Hal inilah yang perlu dipertimbangkan lagi.

Gus Rofik juga mengakui memang ada keinginan dari PKB untuk memajukan kader muda mendampingi Saiful Ilah. Namun, kader muda PKB di tingkatan Sidoarjo belum terbukti. Walaupun ada beberapa kader muda yang kini menduduki posisi strategis di pemerintahan.

Bahkan, Gus Rofik sudah bertemu dengan Dewan Syuro DPD PKB Jatim membahas masalah itu. “Awalnya memang ngotot kader muda yang akan diajukan. Tapi setelah saya jelaskan akhirnya bisa memahami untuk mendukung SUCI tahap II,” ujarnya.

BACA JUGA :  Begal Bacok Warga Tulangan Dengan Pedang di Pagerwojo Buduran, Motor Korban Digondol

Terpisah, Wakil Ketua DPC PKB Sidoarjo H. Nur Achmad Syaifudin mengatakan jika aspirasi yang ada menjadi masukan bagi partai. Terutama aspirasi dari kyai-kyai Sidoarjo.

Namun demikian, Nur Achmad Syaifudin mengaku jika semua keputusan sepenuhnya berada di DPP PKB. “Ada aspirasi yang menginginkan kader muda PKB yang mendampingi Pak Saiful. Adapula yang tetap Pak Saiful tetap bersama Pak Tjip (Hadi Sutjipto,red). Tapi semua tergantung DPP,” tandas politisi yang juga Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo tersebut. (st-12)