SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pajak Politik & Pemerintahan

Kemenkeu Jawa Timur Gandeng Polda Jatim Amankan Penerimaan Negara

 


SIDOARJOterkini – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil
DJP) Jawa Timur III, Farid Bachtiar, bersama seluruh pimpinan Kementerian Keuangan
(Kemenkeu) Jawa Timur, melakukan kunjungan ke Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur di Surabaya, dalam upaya membangun kerja sama lintas sektor guna meningkatkan kinerja di sektor keuangan dan non keuangan, Jumat, 12 Januari 2024.

Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara Kementerian Keuangan Jawa
Timur dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur dalam mendukung optimalisasi penerimaan negara dan kepatuhan perpajakan. Selain itu, kerja sama ini juga diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan sektor keuangan dan perekonomian di Jawa Timur.

Kakanwil DJP Jatim III Farid Bachtiar menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan langkah strategis untuk menciptakan sinergi antar lembaga dalam menjaga keamanan dan meningkatkan
kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA :  Karyawati Minimarket di Balongbendo Laporkan Atasannya Ke Polisi Usai Dilecehkan

“Secara makro, iklim kondusif di Jawa Timur sangat mendukung upaya Kanwil DJP di Jawa Timur untuk bersatu dalam mencapai penerimaan negara yang optimal. Alhamdulillah di akhir tahun 2023 kemarin, Kanwil DJP Jatim bersatu (Kanwil DJP
Jatim I, II, dan III) dapat mencapai penerimaan negara di atas 100%. Untuk itu, kolaborasi Kemenkeu Jawa Timur dan Polda Jawa Timur tentu akan memudahkan upaya kami dalam meningkatkan penerimaan negara dan memajukan sektor ekonomi Jawa Timur,” ujar Farid Bachtiar.

Selain itu, Farid juga menyatakan kesiapannya untuk memberikan pelatihan teknis terkait pajak kepada Polda Jawa Timur jika diperlukan.

“Kementerian Keuangan memiliki Balai Diklat Keuangan yang bertugas memberikan pelatihan dan pendidikan di bidang
keuangan negara. Untuk itu, jika lingkungan Polda Jawa Timur membutuhkan pelatihan
teknis terkait pajak instansi pemerintah, maka kami selalu siap bekerja sama dan
memfasilitasi agar kita bisa bersama-sama meningkatkan kepatuhan pajak khususnya dari sektor instansi pemerintah,” tambah Farid.

BACA JUGA :  Anggota Koramil 0816/11 Tark Laksanakan Pengamanan di Pos Pam Lebaran Simpang 4 Balongbendo

Selama pertemuan berlangsung, Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa
Timur, Taukhid, juga menyampaikan apresiasinya terhadap peran Polda Jawa Timur terhadap pelaksanaan tugas Kementerian Keuangan Jawa Timur.

“Alhamdulillah capaian penerimaan negara di Jawa Timur tumbuh positif, terutama dari sektor pajak. Ini mencerminkan sinergi yang baik antara Kementerian Keuangan dan berbagai pihak termasuk Polda Jawa Timur dalam menjaga stabilitas keuangan dan meningkatkan pendapatan negara,” ujar Taukhid.

Menanggapi kunjungan dari Kementerian Keuangan Jawa Timur, Kepala Polda Jawa
Timur Irjen Pol Imam Sugianto menyatakan keterbukaannya terhadap komunikasi yang intensif, khususnya dengan Bea Cukai dan Direktorat Jenderal Pajak.

BACA JUGA :  Pererat Silaturahmi, Danramil 0816/11 Tarik Hadiri Halal Bihalal Bersama Forpimka

“Kami berkomitmen untuk menjaga kondisi keamanan yang kondusif di Jawa Timur. Selain itu, kami juga sangat terbuka terhadap komunikasi yang dilakukan secara intensif dengan Kementerian Keuangan secara umum, terutama dengan bea cukai dan pajak untuk memberikan dukungan penuh terhadap pengamanan penerimaan negara,” tuturnya.

Di akhir pertemuan, Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III Farid Bachtiar mengukuhkan
Kepala Polda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto sebagai Relawan Pajak. Relawan Pajak adalah suatu program dari DJP dalam rangka edukasi perpajakan yang melibatkan pihak ketiga, salah satunya pejabat publik. (*/cles)

Berita Terkait

Tahun 2023 Penerimaan Capai 107,3 Persen, KPP Pratama Sidoarjo Selatan Berikan Penghargaan Kepada Wajib Pajak

redaksi sidoarjo terkini

DJP Jatim II Resmikan “Tax Center” Ke-21 di Madura

redaksi sidoarjo terkini

Lapas Surabaya Gelar Simulasi Pemilu Bagi Petugas KPPS

redaksi sidoarjo terkini