SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Puluhan Warga Jabon Diserang Chikungunya

Petugas memfoging wilayah Kedungcangkring yang warganya banyak terserang chikungunya
Petugas memfoging wilayah Kedungcangkring yang warganya banyak terserang chikungunya

 

SIDOARJO-Warga yang tinggal di Kecamatan Jabon harus lebih waspada. Pasalnya, nyamuk chikungunya mulai menyerang wilayah ujung selatan Kabupaten Sidoarjo. Sekitar 50 warga di RT 9 dan 10 RW 5 Dusun Podokaton, Desa Kedungcangkring, Kecamatan Jabon, di serang nyamuk cikungunya.

Warga desa setempat banyak yang menderita linu-linu di persendian, hingga mengakibatkan kelumpuhan. “Usai digigit nyamuk chikungunya badan terasa lemas,” ujar Kastaman 60, warga RT 10 RW 05 Dusun Podokaton, Kamis (5/6/2014).

Kastaman mengaku digigit nyamuk di dekat areal persawahan dusun setempat. Tak lama kemudian badannya terasa lemas dan linu pada persendian. Karena tidak menyangka kalau itu akibat nyamuk, oleh Kastaman dibiarkan saja hingga badannya menggigil.

BACA JUGA :  Dua Motor Terlibat Adu Moncong di Jalan Kendal Balongbendo, Pengendara Luka Serius

Bahkan, sehari kemudian, Kastaman tidak bisa berjalan. Hingga akhirnya, Kastaman dibawa ke puskesmas setempat oleh anaknya. Karena khawatir semakin mewabah, kasus ini kemudian dilaporkan ke puskesmas setempat.

Puskesmas Kecamatan Jabon merspon laporan warga dan akan melakukan penyemprotan sarang nyamuk (Fogging). “Dua alat Fogging digunakan untuk penyemprotan di dusun tersebut,” terang Kepala Puskesmas Kecamatan Jabon Djoko Setijono.

BACA JUGA :  Pemkab Sidoarjo Fokus Percepatan Vaksin dan Pemulihan Ekonomi

Djoko menghimbau agar warga mengantisipasi benih nyamuk tidak semakin berkembang. Caranya dengan menutup penampungan air, mengubur barang bekas yang tak terpakai dan menguras bak mandi minimal 3 hari sekali, di lingkungannya.

BACA JUGA :  Cegah Pungli PTSL, Wabup Sidoarjo Intruksikan Hal Berikut Kepada Para Kades

Pihaknya juga menyebar kader juru pemantau jentik (jumantik) sebanyak 3 orang di tiap desa sekecamatan Jabon. Untuk di wilayah Kedungcangkring ada sekitar 20 warga yang terkena dampak gigitan nyamuk chikungunya. (st-13)

Berita Terkait

PDAM Delta Tirta Sumbang Rp 13 Miliar Pada Kas Daerah

redaksi sidoarjo terkini

Disporapar Sidoarjo Akan Bangun Dermaga dan Solar Cell di Pulau Sarinah

redaksi sidoarjo terkini

Penerimaan CPNS Khusus Warga Sidoarjo