SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Sidoarjo Gelar Sosialisasi Pendaftaran Panwaslu Kecamatan

 

(SIDOARJOterkini) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar sosialisasi terkait Pendaftaran Panitia Pengawasan Pemilu tingkat Kecamatan (Panwaslu Kecamatan) pada Pemilu 2024 kepada Ormas, OKP, media serta civitas akademika berbagai perguruan tinggi, di hotel Luminor Sidoarjo, 20.September 2022.

Ketua Bawaslu Sidoarjo Haidar Mundjid mengatakan, sosialisasi yang digelar bertujuan agar masyarakat mengerti proses dan persyaratan perekrutan dan pendaftaran Panwaslu Kecamatan.

“Sehingga diharapkan masyarakat yang berminat menjadi Panwaslu Kecamatan mengerti berbagai persyaratan yang sudah ditentukan,”ujarnya.

BACA JUGA :  Ketua PKK Sidoarjo Bekali 200 Kader PKK Kecamatan Ilmu Keprotokolan dan MC

Dijelaskan Haidar, pendaftaran akan dibuka mulai 21-27 September 2022 melalui website resmi Banwaslu Sidoarjo untuk dilakukan verifikasi berkas.

“Adapun persyaratannya pendaftar harus ber E-KTP Sidoarjo, berijazah minimal SMA, berusia minimal 25 tahun,”ucapnya.

Kenapa harus berusia minimal.25 tahun, Haidar menjelaskan dalam menjalankan tugasnya, Panwascam sudah dewasa sehingga paham tentang integritas dan tugas pokoknya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sidoarjo Haidar Mundjid

Untuk Pendaftaran Panwascam, lanjut Haidar peserta yang memenuhi syarat administrasi akan menjalani tes dengan menggunakan CAT (Computer Assist Test) yang akan diadakan pada 14 Oktober 2022, akan diberlakukan sistem gugur dan hasil tes akan langsung diketahui. Dari setiap kecamatan nantinya akan diambil 6 orang yang kemudian dilakukan tes wawancara tentang integritas, pengetahuan pemilu, komitmen penuh waktu.

BACA JUGA :  Mitra Sehat Mandiri Gelar Wisuda, Begini Pesan Wabup Sidoarjo 

“Menurut Undang-undang Nomor 7 setiap Kecamatan akan diambil 3 orang, yang nantinya akan bertugas sebagai Panwaslu Kecamatan”jelasnya.

Dikatakannya, ada yang berbeda untuk perekrutan Panwaslu kecamatan kali ini, yakni peserta bisa mendaftar lintas kecamatan.

BACA JUGA :  Tim Research SMA Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo Borong 4 Juara Internasional di Malaysia

“Misal Pendaftar dari Kecamatan Sukodono bisa mendaftar ke Kecamatan Prambon atau kecamatan manapun di Kabupaten Sidoarjo yang dikehendaki,”ungkapnya.

Dirinya memprediksi, dengan sistem perekrutan baru tersebut, minat masyarakat untuk menjadi Panwaslu Kecamatan semakin banyak dan persaingan pun akan sangat ketat.

“Dan yang pasti, peserta yang lolos nantinya kualitasnya akan baik,”tandasnya. (cles)