SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pilbup Sidoarjo 2020

Inilah Cabup M.MG Hadi Sutjipto Dimata Budayawan

Budayawan Gatot Hartoyo
Budayawan Gatot Hartoyo

(SIDOARJOterkini)-Gatot Hartoyo, salah satu budayawan Sidoarjo mengatakan Pak Cip itu senang dan peduli terhadap budaya lokal atau mencintai keragaman kultur yang telah berkembang di Sidoarjo; termasuk budaya Jawa.

Dalam berbagai obrolan mulai sebelum menjadi wakil bupati dan sampai menjelang melepas jabatan sebagai wakil bupati Sidoarjo periode 2010-2015, ada keinginan untuk membangkitkan berbagai aktivitas budaya lokal seperti Nyadran, Ruwatan, dan sedekah bumi agar menjadi lebih memiliki makna.

BACA JUGA :  Perkembangan Terkini Pencarian Bapak dan Balitanya yang Tenggelam di Sungai Mas Banjar Pertapan Taman

“Keinginan Pak Cip ini wajar, karena Sidoarjo merupakan salah satu daerah multi kultur. Semua ini tentunya tanpa mengabaikan tata keyakinan lain yang telah berkembang di Sidoarjo,” katanya.

BACA JUGA :  Jasad Bapak Anak yang Tenggelam di Sungai Mas Banjar Pertapan Taman Berhasil Ditemukan

Gatot yang telah mempersiapkan buku Sejarah Sidoarjo mulai Jaman Kerajaan Erlangga sampai Era Kerajaan Jenggolo dan ‘masa reformasi’ menambahkan, kepedulian Pak Cip terhadap budaya Jawa atau budaya lokal tentu merupakan sesuatu yang positif. “Mengingat budaya lokal sangat penting, agar warga Sidoarjo bisa lebih mengenal dan mengenal budaya sendiri. Seperti penemuan situs di desa Urang Agung kecamatan Sidoarjo yang diduga peninggalan Jaman Majopahit.Penemuan ini merupakan salah satu kekayaan lokal yang perlu memperoleh perhatian serius. Saya yakin Pak Cip sudah memahami dan mengenal punden-punden di Sidoarjo dan akan mengoptimalkan sebagai kekayaan budaya daerah,” katanya. (st-12)

Berita Terkait

78 Komunitas Solid Dukung Pak Cip-Kolik

redaksi sidoarjo terkini