SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Empat Puskesmas Akan Jadi RS Tipe D, Komisi D Minta Pembangunannya Selesai Akhir Tahun 2020

 

(SIDOARJOterkini) – Recana Peningkatan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) menjadi Rumah Sakit Tipe D oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mendapat respon positif dari DPRD Sidoarjo.

Rencananya ada empat Puskesmas yang akan ditingkatkan menjadi Rumah Sakit Tipe D, diantaranya Puskesmas Krian, Sedati, Candi dan Sukodono.

Guna mematangkan rencana tersebut, Komisi D DPRD Sidoarjo dalam beberapa hari terakhir melakukan Inspeksi Mendadak (sidak) pada empat puskesmas tersebut.

BACA JUGA :  Dandim 0816 Sidoarjo Berikan Pembekalan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara 

“Peningkatan puskesmas ke RS Tipe D ini sangat penting, karena berkaitan langsung dengan pelayanan kesehatan masyarakat,” Kata Zahlul Yussar Wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo, Jumat 19 Juni 2020.

Namun, kata dia, ada beberapa pertimbangan untuk meningkatkan puskesmas ke RS Tipe D, diantaranya ketersediaan fasilitas, tenaga medis dan luas lahan.

“Puskesmas di Krian memadai untuk dijadikan RS Tipe D, karena dari lahan, ruang UGD sudah memadai, tinggal bangunannya saja yang perlu perbaharuai,” urainya.

BACA JUGA :  Gelar Sosialisasi, BPPD Ajak PWI Sidoarjo Berkolaborasi Tingkatkan Kesadaran Bayar Pajak

Sedangkan Puskesmas Sukodono, Menurut zahlul perlu dilakukan kajian ulang, sebab rencananya pembangunan RS Tipe D memulai dari awal. Bukan meningkatkan status Puskesmas.

“Kalau masih harus membangun dari awal, lebih baik anggarannya dialihkan untuk pembangunan RSUD Sidoarjo Barat,” ucap politisi asal Partai Demokrat itu.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/05 Tulangan Dampingi Studi Tiru Pemdes Kebaron

Untuk memastikan semua rencana ini, dalam waktu dekat, Komisi D akan hearing dengan dinas terkait. Ia berharap pembangunan rumah sakit tipe D itu dapat tuntas akhir tahun 2020.

Tentunya agar masyarakat Sidoarjo dapat menikmati pelayanan kesehatan yang berkualitas. Apalagi situasi pasca covid 19 tentu butuh pemulihan di sektor kesehatan juga. (pung/cles)