SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Wujudkan Sidoarjo Bebas Polio, Dinas Kesehatan Optimalkan Sub PIN Polio

 

Foto Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati

SIDOARJOterkini – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Kesehatan mengoptimalkan program Sub PIN (Pekan Imunisasi Nasional) Polio bagi anak usia 0-8 tahun, sebagai upaya untuk mewujudkan Sidoarjo bebas polio.

Asisten Administrasi dan Kesra Sekretariat Daerah Sidoarjo Ainur Rahman saat membuka pelaksanaan vaksinasi sub PIN polio tahap 2 di Lippo Plaza Sidoarjo menyampaikan Pemkab Sidoarjo terus berupaya mendorong seluruh anak usia 0-8 tahun mendapatkan imunisasi novel Oral Polio Vaccine type 2 (nOPV2) tanpa memandang status imunisasi sebelumnya,

“Upaya yang dilakukan untuk memastikan perlindungan kesehatan generasi penerus khususnya anak-anak,”ucapnya, Senin 19 Februari 2024.

Dikatakan Ainur, pihaknya meminta kepada seluruh komponen khususnya orang tua dan guru yang tergabung dalam IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia), HIMPAUDI (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini), serta IGRA (Ikatan Guru Raudlotul Athfal) yang ada di Kabupaten Sidoarjo bergerak bersama menyukseskan Sub-PIN Polio tahun 2024.

BACA JUGA :  Pererat Silaturahmi, Danramil 0816/11 Tarik Hadiri Halal Bihalal Bersama Forpimka

“Pelaksanaan Sub-PIN Polio ini akan dapat terlaksana dengan baik jika komponen guru pendidik di Kabupaten Sidoarjo ikut berperan serta, kurang lebih sebanyak 2.000 guru pendidik di Kabupaten Sidoarjo bersama-sama mensosialisasikan kepada orang tua pentingnya pencegahan penyakit Polio,” ucapnya.

Ia juga berharap Kabupaten Sidoarjo menuntaskan dengan baik program Sub-PIN Polio ini hanya cukup 2 periode saja.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/07 Krembung Bersinergi dengan Polsek dalam Pengamanan Arus Balik Idul Fitri 1445 H

“Kita bersyukur bisa melampaui sasaran cakupan sesuai standar Kemenkes yaitu sebesar 101 persen lebih dari target 95 persen anak yang akan diberikan imunisasi polio di tahun 2024 ini,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati mengatakan bahwa Sub-PIN Polio merupakan upaya dalam mencegah terjadinya kejadian luar biasa (KLB) dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I misalnya tuberkulosis, difteri, pertusis, polio, campak, rubella).

“Sub-PIN di Kabupaten Sidoarjo yang dilaksanakan 2 putaran yang pertama pada tanggal 15-21 Januari 2024 sudah mencapai 101 persen lebih dan kedua pada 19-25 Februari 2024 berjarak minimal 1 bulan setiap putaran,” paparnya.

BACA JUGA :  Anggota Koramil 0816/11 Tark Laksanakan Pengamanan di Pos Pam Lebaran Simpang 4 Balongbendo

Fenny juga menjabarkan sasaran anak yang akan mendapatkan imunisasi polio di tahun 2024 ini adalah sebanyak 292.041 anak yang tersebar di sekolah, Puskesmas, posyandu, dan PAUD.

“Untuk mendukung program tersebut, kami menggerakkan 483 bidan, 489 perawat, dan 12.633 kader kesehatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo dan jumlah pos imunisasi adalah sebanyak 3.988 pos, dan ternyata capaian yang kita peroleh sekitar 101 persen lebih dari target 95 persen dan hanya 2 putaran saja sehingga Sidoarjo bebas dari polio tahun 2024 ini,”tandasnya. (cles)