SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Politik & Pemerintahan

Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional 2022, Bupati Sidoarjo Bersama Pasmar 2 Gedangan Tanam Pohon Sorgum dan Bibit Jagung Hibrida

 

(SIDOARJOterkini)- Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor bersama jajaran Pasukan Marinir (Pasmar 2) Gedangan menanam pohon Sorgum dan bibit Jagung jenis hibrida F1. Tanam bersama itu sebagai upaya mewujudkan program ketahanan pangan nasional 2022. Jumat 09 September 2022.

Mengangkat tema “Melalui Penanaman Sorgum Nasional TNI Angkatan Laut Bersama Rakyat Siap Membangun Kejayaan Maritim Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” bertempat di Lahan Minatani Kesatrian Marinir Moekijat Mako Pasmar 2 Gedangan, Sidoarjo.

Program tersebut sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional lewat gerakan nasional menanam Sorgum dan Jagung 2022. Sekaligus untuk memperingati HUT TNI AL ke 77. Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolresta Sidoarjo Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro, Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf. Masarum Jatilaksono, dinas pertanian Jatim, dinas pertanian Sidoarjo, camat serta tokoh masyarakat.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/06 Tanggulangin Dampingi Vaksinasi Booster Pada Masyarakat

“Banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk menguatkan ketahanan pangan bangsa ini. Menanam Sorgum dan jagung adalah sala satu upaya yang tahun dilakukan,”ujar Bupati Sidoarjo.

Adapun Jenis bibit yang ditanam yaitu sorgum dan bibit jagung jenis hibrida F1 dengan menggunakan peralatan Rotari Etek dan Tugel. Diketahui dari tiap-tiap bibit tersebut untuk tunggu hasil panennya bervariasi, antara 70 sampai dengan 100 hari.

BACA JUGA :  Tim Research SMA Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo Borong 4 Juara Internasional di Malaysia

Danmenbanpur 2 Mar Kolonel Marinir Firman Gunawan yang mewakili Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan bersama Forkopimda Sidoarjo saat mengikuti kegiatan penanaman mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian peringati hari jadi TNI AL Ke-77 yang jatuh tanggal 10 September 2022. Sesuai dengan instruksi pimpinan TNI AL untuk memanfaatkan lahan kosong di wilayah kerjanya sekaligus untuk menunjang program ketahanan pangan nasional.

“Penanaman bibit sorgum tersebut merupakan pengembangan petani binaan Pasmar 2 Gedangan. Hal ini bisa menjadikan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat lainnya yang berprofesi sebagai petani supaya terpacu untuk memanfaatkan lahan guna meningkatkan ketahanan pangan serta menghidupkan perekonomian masyarakat. Ke depan, Pasmar 2 Gedangan terus menjaga sinergi dengan pemerintah Daerah guna meningkatkan penguatan kedaulatan pangan melalui sektor pertanian. Harapannya agar tercipta stabilitas ketahanan pangan yang cukup, baik ditingkat nasional maupun di daerah,”terangnya.

BACA JUGA :  TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Kawal Pelaksanaan BIAS

Kegiatan tersebut disiarkan secara langsung melalui Video Conference terpusat di Kp. Neglasari Desa Mekarwangi Kec. Cariu Kab. Bogor Jawa Barat yang dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (WAKASAL) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E,M.M dan dihadiri pejabat utama serta para tamu undangan lainnya dan diikuti oleh seluruh jajaran TNI AL. (cles)