SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Wisata Kuliner Bumdes Karya Abadi Penambangan Balongbendo Dilaunching

 

Kepala desa Penambangan Helmy Firmansyah didampingi Forkopimka Balongbendo saat meresmikan Wisata Kuliner Bumdes Karya Abadi

(SIDOARJOterkini) – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Karya Abadi Desa Penambangan Balongbendo Sidoarjo, berhasil melakukan inovasi dengan membuka Wisata Kuliner dengan mengoptimalkan peran UMKM sebagai upaya untuk mendongkrak perekonomian.

Peresmian Wisata Kuliner tersebut dilakukan oleh Kepala Desa Penambangan dengan dihadiri Anggota DPRD Sidoarjo M Nizar serta Forkopimka Balongbendo, lembaga desa dan warga setempat.

Wisata Kuliner Bumdes Karya Abadi, merupakan pusat jajanan serba ada (Pujasera) yang menyajikan berbagai makanan dan jajanan produk dari warga Penambangan.

BACA JUGA :  Ban Kempes, Dua Motor Tabrakan di Jalan Wonokupang Balongbendo, 3 Orang Luka Serius
Kades Penambangan Helmy Firmansyah

Kepala Desa Penambangan Helmy Firmansyah usai meresmikan Wisata Kuliner Bumdes Karya Abadi mengatakan, Keberadaan Wisata Kuliner merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintahan Desa Penambangan untuk mendongkrak perekonomian pasca pandemi.

“Dengan melihat potensi yang dimiliki warga dan letak strategis Desa Penambangan timbul inovasi untuk membentuk wisata Kuliner ini,”ungkap Helmy, Sabtu malam 25 Desember 2021.

Dijelaskannya, Wisata Kuliner tersebut terdiri dari 17 Stand untuk kuliner dan 30 Stand disiapkan untuk para pedagang kaki lima. Dirinya berharap, para pelaku UMKM Desa Penambangan bisa memanfaatkan Wisata Kuliner sebagai tempat untuk mengembangkan usahanya.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Pimpin Upacara Detik-detik Kemerdekaan RI ke 77

“Semua aset tersebut diperuntukkan bagi warga Penambangan dan dikelola sepenuhnya oleh Bumdes Karya Abadi,””ucapnya.

Sementara itu Camat Balongbendo Achmad Farkan Jazuli mengapresiasi terbentuknya Wisata Kuliner Bumdes Karya Abadi Penambangan, menurutnya, keberadaan wisata kuliner sangat bagus dan strategis.

BACA JUGA :  Pelatihan Pembuatan Kue Hiasi Program TMMD ke 114 Kodim 0816/Sidoarjo

“Posisi Desa Penambangan yang merupakan jantung wilayah kecamatan Balongbendo, tentu sangat memungkinkan bagi Pemdes untuk terus berinovasi dengan memaksimalkan potensi yang ada,”ujarnya.

Dirinya berharap, dengan dibukanya sentra kuliner, seluruh warga bisa memanfaatkan utamanya para pelaku UMKM sehingga perekonomian bisa bangkit kembali.

“Desa-desa lain bisa mencontoh inovasi yang telah dilakukan Bumdes Karya Abadi untuk dikembangkan di desa masing-masing,”tandasnya.(cles)