SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Warga Tebel Geruduk Kantor Desa, Protes Kerjasama yang Dilakukan Pemdes dan PT Berno Farm

 

(SIDOARJOterkini) – Puluhan warga Tebel dengan didampingi PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Gedangan mendatangi Kantor Desa untuk melakukan protes terkait kerjasama yang telah dilakukan oleh Pemdes dengan PT Berno Farm, Kamis 02 Juni 2022.

Protes yang dilakukan warga tersebut dikarenakan belum ada penyelesaian ganti rugi rumah warga terdampak dengan keberadaan PT Berno Farm.

Sekretaris Desa Tebel Andrean mengatakan, adanya pengalihan manfaat jalan desa yang akan diganti oleh PT.Berno Farm berupa pembangunan gedung serba guna senilai Rp 750 juta.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Pantau Festival Anak Sawah di Kampung Lali Gadget Pagerngumbuk

“Pembangunan Gedung serba guna dilakukan oleh PT Berno Farm sebagai ganti pengalihan manfaat jalan,”ujarnya.

Ketua PAC Pemuda Pancasila Dwi Kurniawan yang saat itu mendampingi warga mengatakan, warga menuntut PT Berno Farm untuk menyelesaikan ganti rugi rumah warga yang belum kunjung usai dan bisa membatalkan kerja sama dengan PT.Berno Farm.

“Bila itupun harus dilaksanakan kegiatan itu supaya rumah warga terdampak bisa dibeli oleh perusahaan sesuai harga yang di sepakati warga nantinya ,”Ungkap Dwi Kurniawan

BACA JUGA :  Sosialisasi Penanganan PMK Oleh Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo di Kodim 0816/Sidoarjo

Sementara itu Langgeng perwakilan warga Tebel RT.02 RW.01 menyatakan, apabila hari ini tidak temui solusi, pihaknya akan surati yang bersifat pemberitahuan pemdes bahkan sampai bupati, untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat agar desa agar bisa membatalkan kerjasama dengan PT.Berno Farm.

“Karena berbagai dampak dari perusahaan akan langsung dirasakan warga sekitar,”ujarnya.

Dikatakannya, banyak sekali janji-janji PT Berno Farm yang belum diselesaikan dengan warga dari beberapa tahapan apalagi yang di takutkan warga akan terisolir dalam 5 tahun ke depan.

BACA JUGA :  Babak Final, Tim Futsal Sidoarjo Berhasil Raih Medali Perak di Porprov Jatim VII

“Dan yang pasti harga jual tanah maupun rumah akan menurun adanya banjir dampak dari pelaksanaan kegiatan dari PT.Berno Farm,”ucapnya.

Terkait permasalahan di atas, pihak PT Berno Farm belum bisa dikonfirmasi hingga berita diunggah. (nic)