SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Warga Ketapang Protes Bau Limbah Tebu Yang Dibuang Belakang Balai Desa Setempat

img-20161028-wa0018
(TANGGULANGINterkini) – Warga Desa Ketapang, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo terusik dengan bau limbah ampas tebu yang di buang ditanah negara dan dibelakang kantor Desa Ketapang, yang dilakukan oleh oknum pihak kedua dari perusahaan administratur milik negara yaitu pabrik gula candi sidoarjo.

Askan (54), salah satu warga mengaku kesal dengan perbuatan orang yang tak bertanggung jawab tersebut. Akibat ulahnya, mereka mengalami gangguan pernafasan yang disebabkan bau tak sedap hingga mengganggu pernafasan. “Limbah ini sudah beroperasi sejak bulan agustus 2016 lalu,” terangnya, Jum’at (28/10/2016).

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/06 Tanggulangin Lakukan Pendampingan Pelaksanaan Imunisasi Polio di Desa Boro

Dirinya menambahkan bahwa dilokasi tersebut sudah ada tanda peringatan. Namun, oleh oknum pihak kedua dari perusahaan pabrik gula candi itu, tetap saja membuang limbah ampas tebu itu, bahkan dilokasi pihaknya memperlebar dengan sebuah alat berat.

“Padahal area pembuangan, sudah di kasih tanda peringatan tertulis dilarang memanfaatkan area milik negara yang tertera pada pasal berlapis dengan pasal 167 ayat 1 kuhp/pasal 389 kuhp dengan ancaman pidana dua tahun delapan bulan penjara,” terangnya.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Instruksikan Camat, Kades dan Lurah Kerja Bakti Massal Bersihkan Gorong-gorong Saluran Air

Sementara itu, Hengki Listia Adi, Humas BPLS selaku pengelolah tanah, mengaku kesulitan untuk menertibkan oknum pihak kedua itu. Padahal sebelumnya sudah dilakukan musyawarah agar ampas tersebut tidak dibuang ditanah milik negara. Akan tetapi, sampai saat ini, oknum tersebut masih tetap saja membuangnya.

“Sebelumnya kami sudah melakukan musyawarah dan menegur pelaku. Tapi sampai saat ini tidak dihiraukan,” terang Hengki.(alf)