SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Warga Desa Gelang Tulangan Ikuti Pelatihan Pemanfaatan Limbah Minyak Goreng

 

 

(SIDOARJOterkini) – Pelatihan pemberdayaan pengendalian limbah rumah tangga digelar di balai Desa Gelang Kecamatan Tulangan, Selasa 4 Mei 2021.

Kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh kader lingkungan Surabaya tersebut diikuti oleh para ibu PKK Kampung KB dengan materi merubah limbah goreng yang biasa disebut jelantah menjadi sabun.

Elly salah satu Kader lingkungan Surabaya menyebutkan, limbah minyak Jelantah yang biasanya dibuang setelah digunakan sebenarnya bisa dirubah menjadi dua jenis sabun.

BACA JUGA :  Kapolda Jatim Imbau Disiplin Protokol Kesehatan Dipatuhi Saat Libur Lebaran

“Dari minyak jelantah ini bila ditambah dengan beberapa bahan akan bisa dirubah menjadi sabun cair dan keras,”ulasnya.

Untuk merubah menjadi sabun cair lanjut Elly, minyak jelantah ditambah dengan kalium hidroksida yang bersifat mengentalkan sedangkan sabun padat ditambahkan dengan Natrium hidroksida.

BACA JUGA :  Masyarakat Patuhi Aturan, Malam Takbir Idul Fitri di Sidoarjo Kondusif

“Jelantah yang selama ini merupakan limbah bisa dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai ekonomis,”ujarnya.

Para ibu-ibu peserta pelatihan terlihat antusias mengikuti kegiatan yang bila dilakukan akan bisa menambah pendapatan keluarga.

Sementara itu Camat Tulangan Didik Widoyoko mengatakan, pelatihan yang dilakukan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga Gelang.

BACA JUGA :  Dua Sepeda Motor Tabrakan di Jalan Wonokupang Balongbendo, Pegendara Alami Luka Serius

“Diharapkan warga bisa langsung mempraktekkan apa yang sudah diterimanya dalam pelatihan, apabila sudah bisa diproduksi tentu akan menjadi barang yang bernilai jual dan pastinya bisa mengatrol perekonomian,”tandasnya. (nic/cles)