SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Waktu Pekerjaan Hampir Habis, PT Liman Jaya Transmix Diduga Kerja Asal Hingga Bocorkan Pipa Gas di Banjarasri

 

Pekerjaan yang terlihat masih terlihat terbengkalai meski waktu pelaksanaan tinggal beberapa hari

(SIDOARJOterkini) – Bocornya gas yang disebabkan pipa milik PGN tergaruk Excavator milik rekanan PT Liman Transmix yang sedang menggali untuk pemasangan U-ditch Kamis malam (16/12) menuai berbagai polemik terkait keberadaan proyek peningkatan jalan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Salim warga Banjarasri, pada pekerjaan penahan jalan menurutnya, harus dikerjakan lebih dulu daripada pemasangan U-ditch

“Saya dari awal pekerjaan sudah menyarankan kalau Banjarasri itu merupakan kawasan banjir, kalau penahan jalannya dikerjakan dulu saat debit air naik pasti bisa tertahan,”ujarnya, Jumat 19 Desember 2021.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo: Narrative War, Santri Bisa Menjadi Agen Perubahan Bermedsos Positif

Selain itu, kualitas bangunan sangat jelek, bukan pasir yang digunakan tapi sirtu (tanah urug) yang diayak, dan tentu hal tersebut akan mengurangi kekuatan dan kualitas bangunan.

Menanggapi hal tersebut, Danu Konsultan Pengawas CV Kusuma Abadi mengatakan, pihaknya bersama dinas PUBM SDA akan melakukan evaluasi terkait kinerja dan kualitas pekerjaan yang dilakukan PT Liman Jaya Transmix.

BACA JUGA :  Tabrakan Motor dan Mobil di Bypass Balongbendo, 2 Gadis Kembar Alami Luka Serius

“Tentu akan kita lihat hasil pekerjaannya apa sudah sesuai spesifikasi teknis yang ditentukan atau belum,”ungkapnya.

Dikatakan pula, terkait kualitas material yang digunakan diduga tidak layak sehingga bangunan bisa dihancurkan dengan tangan, pihaknya akan mengecek dan memerintahkan pihak rekanan untuk memperbaiki.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kompetensi Wartawan, SKK Migas Jabanusa Kerjasama dengan PWI Jatim Gelar UKW Angkatan Ke-44

Seperti diketahui, proyek Peningkatan Jalan Milik Dinas PU BM-SDA Sidoarjo yang didanai APBD 2021 sebesar Rp. 2.892.523.746,62 dikerjakan oleh PT Liman Jaya Transmix.

Diduga pihak rekanan berusaha mengejar progress pekerjaan menjelang habisnya waktu pelaksanaan sehingga pihak rekanan bekerja asal-asalan dan mengakibatkan patahnya pipa gas tergaruk excavator saat melakukan pemasangan U-ditch yang menyebabkan kebocoran.(nic/cles)