SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Wakil Ketua KPK Apresiasi Layanan Sippadu Pemkab Sidoarjo

img-20161108-wa0036
(SIDOARJOterkini) – Wakil Ketua KPK RI, Saut Situmorang mengatakan inovasi teknologi perlu dilakukan untuk membangun peradaban baru Indonesia, terutama untuk mencegah terjadinya tindakan korupsi.

“Apa yang sudah dilakukan oleh Kabupaten Sidoarjo ini sudah cukup bagus, karena untuk membangun daerah diperlukan peranan pemerintah. Salah satunya dengan membangun ‘good goverment’ dengan sistem elektronik pada sebuah teknologi,” katanya, Selasa (08/11/2016).

Ia menambahkan, dengan adanya pemanfaatan teknologi ini tentunya akan mempersempit pertemuan antara pemohon dan juga pejabat. “Dengan demikian akan mempersempit kemungkinan tindak pidana korupsi karena tidak adanya tatap muka tersebut,” katanya.

BACA JUGA :  Jelang Ramadhan, Forkopimka Tanggulangin Gelar Operasi Yustisi, Sasar Rumah Kos dan Knalpot Brong

Saat ini pihaknya sudah menindak sebanyak 500 orang pejabat baik itu Gubernur, Bupati, Wali Kota, Pejabat Eselon 1. “Dan kami tidak ingin angka tersebut akan terus bertambah. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran dan juga inovasi demi peradaban baru Bangsa Indonesia ini,” katanya.

Pihaknya saat ini juga sudah banyak melakukan kerja sama dengan berbagai pihak seperti dengan kepolisian, kejaksaan dan juga dari pemerintah daerah seperti Kabupaten Sidoarjo ini.

“Tidak ada kata terlambat untuk memanfaatkan teknologi ini. Karena menurut kami teknologi ini bukan barang baru, tetapi tidak ada kata terlambat untuk memberantas korupsi,” katanya.

BACA JUGA :  PAC GP Ansor Taman Gelar Konfercab XVII

Ia meminta kepada kepala daerah untuk tidak ragu-ragu dalam membuat inovasi karena dibutuhkan untuk efisiensi dalam pelayanan publik. “Untuk itu, di era teknologi saat ini, pemerintah daerah dapat menyesuaikan dalam memberikan pelayanan publik. Dengan teknologi elektronik akan mewujudkan efisiensi dan efektifitas yang dapat membangun peradaban baru Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, Pelayanan Perijinan Terpadu Berbasis Elektronik yang diterapkan Kabupaten Sidoarjo rencananya juga akan diikuti oleh berbagai kabupaten kota yang lain seperti di Kabupaten Pasaman, Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Pidie, Kabupaten Donggala.

BACA JUGA :  8 Kursi Dapil Sidoarjo 5 (Taman, Sukodono) Diisi 3 Wajah Baru, Berikut Nama-namanya

“Pelayanan perijinan di Kabupaten Sidoarjo memakai Sistem Pelayanan Perijinan Terpadu (Sippadu) berbasis elektronik. Lahirnya inovasi Sippadu dilatar belakangi dari keinginan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk memberikan pelayanan perijinan yang cepat, mudah, murah dan transparan,” katanya.(alf)