SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Wabup Subandi Resmikan Gedung Serbaguna Tambak Oso Waru

 

(SIDOARJOterkini) – Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH meresmikan Gedung Serba Guna berlantai dua Desa Tambak Oso, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan Prasasti, Kamis (25/8). Pembangunan gedung itu mendapat dukungan dana Bantuan Khusus (BK) anggota DPRD Sidoarjo.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Camat Waru Rudi, anggota DRPD Sidoarjo H. Haris, jajaran Kepala Desa se-Kecamatan Sedati, Forkopimka Kecamatan Waru, serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi meminta para Kepala Desa atau Kades tidak pasif dalam membangun wilayahnya. Komunikasi secara intensif harus dilakukan dengan jajaran pemerintah setempat. Seperti dengan para camat. Atau dengan anggota dewan. Program pembangunan desa dimintanya harus sesuai dengan RPJMD Kabupaten.

“Jadi jangan harap kalau ada Kades kemudian pasif, tidak berkoordinasi dengan kecamatan, tidak mendukung program pemerintah atau tidak linier antara program yang ada di desa, di kecamatan, di kabupaten, di provinsi dan pusat maka pasti akan mubazir,”ucap Subandi saat meresmikan gedung serbaguna Desa Tambak Oso.

Wabup H. Subandi menyampaikan bahwa kordinasi dan komunikasi ialah hal penting bagi keberlanjutan program pembangunan. Dengan komunikasi yang intensif, permasalahan anggaran bagi pembangunan dapat diselesaikan. Seperti yang dilakukan Kades Tambak Oso kali ini yang dapat membangun gedung serba guna dari anggaran BK (Bantuan Keuangan) Anggota DPRD Sidoarjo.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Hadiri Konfercab Alumni GMNI 

“Kuncinya satu, komunikasi, anggaran BK yang sudah masuk ke desa bisa dibuat apa saja bisa karena sudah menjadi kewenangannya desa,”ucapnya.

Dikatakannya penyelenggaraan pemerintah desa didasarkan atas keanekaragaman, partisipasi, demokratisasi, otonomi asli dan pemberdayaan.

BACA JUGA :  Aksi Pencurian Kawanan Maling Mikrolet di Anggaswangi Sukodono Digagalkan, 1 Pelaku Diamankan

“Dari kelima unsur tadi hari ini sudah ditunjukkan oleh seluruh masyarakat Desa Tambak Oso yakni partisipasi dan pemberdayaan sehingga dapat mewujudkan gedung serbaguna yang representatif sebagai pusat pelayanan masyarakat sebagai salah satu upaya mewujudkan desa yang maju mandiri sejahtera lahir bathin,” katanya.

Dengan hadirnya gedung serbaguna ini, lanjut ia, diharapkan dapat digunakan sebaik-baiknya oleh aparat desa serta masyarakat Desa Tambak Oso dalam berbagai aktivitas kemasyarakatan ataupun kegiatan pelayanan aparat pemerintah kepada masyarakatnya.

“Gedung ini diharapkan dapat memberikan nilai guna bagi aparatur pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat Tambak Oso,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo juga memiliki komitmen kuat dalam membangun desa karena desa diyakini akan menjadi tolak ukur pembangunan pemerintahan ditingkat Kabupaten.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Temui Warga, Bahas Pembebasan Makam Desa Waru yang Terdampak Frontage Road

“Kalau pembangunan desanya berhasil Insya Allah Pemerintah Kabupaten Sidoarjo juga akan maju dalam pembangunan, dan yang paling penting lagi seluruh pemerintah desa harus bisa membangun harmonisasi dan sinergitas antara pemerintahan desa dengan BPD dan lembaga desa lainnya serta seluruh komponen masyarakat melalui komunikasi yang intensif,” kata Wabup.

Dalam kesempatan ini M. Fauzin Kades Tambak Oso mengucapkan terimakasih atas dibantunya BK dan swadaya masyarakat, sehingga dapat terwujudu gedung serbaguna minimalis dengan lebar 11 meter dan panjang 20 meter tersebut. Gedung serbaguna itu nantinya juga dapat dipakai untuk kegiatan kemasyarakatan dan pelayanan administrasi.

“Terimakasih bapak Wakil bupati dan anggota DPRD Sidoarjo atas perhatiannya, semoga bangunan ini bermanfaat bagi masyarakat kita,”pungkasnya. (cles).