SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Wabup Sidoarjo Kenalkan Layanan Online Kota Delta Kepada Pemkab Minahasa Selatan

 

Wabup Sidoarjo H Subandi bersama Wabup Minahasa Selatan Petra Yani Rembang

(SIDOARJOterkini) – Wakil Bupati H. Subandi SH bersama Sekretaris Daerah H. Achmad Zaini menerima kunjungan dari Pemkab Minahasa Selatan, Propinsi Sulawesi Utara di ruang Ops Room. Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Minahasa Selatan Petra Yani Rembang, Kamis 16 Desember 2021.

Wakil Bupati Sidoarjo Subandi menyampaikan bahwa saat ini Pemkab Sidoarjo berupaya memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dengan mengoptimalkan perkembangan teknologi.

“Masyarakat saat ini benar-benar mengharapkan pelayanan yang cepat, mudah, transparan, serta berkualitas. Dan hal ini menjadi kewajiban yang harus dilakukan pemerintah. Pemkab Sidoarjo terus berbenah dan melakukan banyak perubahan dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat, yaitu melalui transformasi pelayanan publik ke arah digital,” terangnya.

Subandi berharap Pemkab Minahasa Selatan datang ke Sidoarjo ada hal yang bisa diperoleh. Dan Sidoarjo sangat terbuka berbagi pengalaman terutama informasi yang menyangkut inovasi.

Wabup Sidoarjo H Subandi

“Digitalisasi Pelayanan publik yang sudah kami lakukan sampai dengan tingkat Desa/Kelurahan misalnya inovasi SIPRAJA (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo), Plavon Dukcapil, dan Pengelolaan naskah dinas elektronik melalui E-buddy yang terhubung dengan seluruh Perangkat Daerah, Desa, Kelurahan, Puskesmas dan juga seluruh Sekolah,” ungkap Subandi.

BACA JUGA :  Sudah Bayar Denda, Mantan Bupati Jombang Bebas Lewat Program Integrasi CMB

Rombongan Pemkab Minahasa Selatan pada kesempatan ini juga bisa langsung dialog dengan OPD terkait yang ikut dihadirkan pada pertemuan itu. Seperti DPMPTSP, RSUD Sidoarjo, Dispendukcapil, Kecamatan Sukodono, dan Bagian Pemerintahan yang menjadi inovator sekaligus mengelola aplikasi SiPraja.

Pada kesempatan ini sekretaris Daerah menyampaikan pula tentang banyaknya inovasi yang sudah dikembangkan oleh OPD dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti adanya Mal Pelayanan Publik (MPP). MPP menjadi salah satu pilar untuk memberi kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

BACA JUGA :  Selain Mengerjakan Sasaran Fisik, Anggota Satgas TMMD Sidoarjo Juga Ajarkan Mengaji Pada Anak-anak di Desa Rejeni

“Pemkab Sidoarjo telah memiliki dua Perangkat Daerah yang menjadi Role Model Nasional Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima yaitu RSUD dan DPMPTSP, semoga tahun ini bisa diikuti oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga perangkat daerah lainnya,” ujar Zaini.

“Seperti RSUD dan Kecamatan Sukodono tahun ini mendapatkan apresiasi dari Kementerian PAN RB yaitu Pembangunan Zona Integritas dengan predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani), juga Dispendukcapil mendapatkan predikat WBK (Wilayah Bersih dari Korupsi),” imbuhnya.

BACA JUGA :  Satgas TMMD ke 114 Kodim 0816/Sidoarjo Ikuti Upacara Bendera di SD Al- Ishlah Rejeni

Sementara itu, Wakil Bupati Minahasa Selatan Petra Yani Rembang, sangat senang dengan kunjungan ini karena mendapatkan banyak ilmu tentang pelayanan publik di Sidoarjo. Karena selama ini menurut Yani, pelayanan di pemkab Minahasa Selatan dirasakan masih kurang optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Setelah kunjungan ini sepertinya PR kami ke depan semakin banyak lagi karena dalam upaya kami memberikan pelayanan kepada masyarakat, sangat jauh dari Kabupaten Sidoarjo. Inovasi-inovasi yang diciptakan dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya pengelolaan RSUD yang sangat baik dan inovasi-inovasi di Sidoarjo yang memang benar-benar layak mendapatkan penghargaan,” pungkas Yani. (St-12/cles).