SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh Ibadah Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas II MI Wachid Hasyim Wonomlati Krembung Sidoarjo

 

Penulis : Khoirul Zainul Mustofa
Prodi : Fiqih
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Pada dasarnya pendidikan sekolah merupakan lanjutan dari pendidikan di dalam keluarga, di samping itu, kehidupan di lingkungan sekolah adalah jembatan yang menghubungkan kehidupan dalam keluarga dengan kehidupan di masyarakat berjalan begitu cepat di zaman seperti sekarang ini, khususnya di kota-kota besar globalisasi memberi pengaruh yang sangat besar terhadap tumbuh kembang siswa yang menyangkut sikap dan prilaku anak didik/pelajar oleh karena itu perlu ditanamkan keimanan yang baik kepadanya agar mereka dapat menghadapi zaman yang sudah canggih ini.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar fiqh ibadah tentang sholat fardhu melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas II di MI Wachid Hasyim Wonomlati Krembung Sidoarjo. Dan manfaat penelitian ini dapat berguna baik secara teoritis maupun secara praktis. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu dengan cara mengumpulkan data, menyusun, menganalisa serta menginterpretasikan data mengenai upaya meningkatkan hasil belajar fiqh ibadah tentang sholat fardhu melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas II di MI Wachid Hasyim Wonomlati Krembung Sidoarjo.

BACA JUGA :  Sukses Bangun Kampung Tangguh, Dusun Semampir Krian Bersiap Dirikan Kampung Pesilat
BACA JUGA :  Dihadiri Menko PMK, DJP Jatim II Kenalkan Pajak di Forum Ta'aruf Mahasiswa

Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada siswa kelas
II sebanyak 20 siswa dari populasi seluruhnya jadi 100% penulis mengadakan riset atau penelitian kepada siswa kelas II, IV, V, Vl seluruhnya. Kemudian setiap angket terdiri dari 10 pertanyaan.

Dari hasil penelitian di MI Wachid Hasyim Wonomlati Krembung Sidoarjo diketahui adanya peningkatan hasil belajar Fiqh, hal ini bukti dari angket penelitian dan terjun langsung ke MI Wachid Hasyim Wonomlati Krembung Sidoarjo ternyata anak/siswa di MI Wachid Hasyim Wonomlati Krembung Sidoarjo baik dan terpuji dalam menjalankan ibadah disekolah maupun kesehariannya di rumah.